Sukses

Top 3 News: Penyelamatan Satwa Langka Saat Banjir Bandang Terjang Bogor

Liputan6.com, Jakarta Dalam Top 3 news hari ini, kisah penyelamatan seekor burung elang saat banjir bandang menerjang Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com. 

Oleh Tim Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ) Halimun Salak, elang alap jambul itu ditemukan di sekitar Sungai Cidurian. Burung tersebut diperkirakan terjatuh dari sarangnya akibat diterjang angin dan hujan deras.

Berita lainnya yang tak kalah menyita perhatian di kanal news Liputan6.com adalah kemuculan gerhana bulan penumbra yang diperkirakan akan terjadi pada Sabtu, 11 Januari 2020. Fenomena ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melihat fenomena tersebut? Masyarakat dapat melihatnya pada pukul 00.05 WIB dan berakhir pada, Minggu dini hari, 12 Januari 2020, pukul 04.14 WIB.

Informasi lain yang menarik adalah di bawah kepemimpinan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru, lembaga antirasuah kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT).

Memasuki minggu kedua di tahun 2020, KPK menangkap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 9 Januari 2020:

2 dari 5 halaman

1. Satwa Langka Ini Ditemukan Saat Banjir Terjang Cigudeg Bogor

Seekor burung elang alap jambul berhasil diselamatkan tim Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ) Halimun Salak. Burung pemangsa ini ditemukan terjatuh di lokasi banjir bandang, Kampung Cigowong Sebrang, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

"Burung tersebut ditemukan di sekitar Sungai Cidurian, diperkirakan terjatuh dari sarangnya," kata Drh. Septi DC, dokter hewan di PSSEJ pusat rehabilitasi raptor yang dikelola Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kamis (9/1/2020).

Setelah terjatuh dari pohon akibat diterjang angin kencang dan hujan deras, kata Septi, burung dengan nama latin Accipiter Trivirgatus ini diserang anjing, sehingga mengalami luka di bagian sayap.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Gerhana Bulan Penumbra Bakal Terjadi pada 11 Januari 2020

Gerhana bulan penumbra diperkirakan terjadi pada Sabtu, 11 Januari 2020. Gerhana bulan ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Berdasar laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada tiga fase gerhana bulan penumbra yang terjadi akhir pekan nanti.

Gerhana bulan tersebut dapat dilihat mulai pukul 00.05 WIB dan  berada pada puncaknya pada pukul 02.10 WIB. Sementara gerhana bulan ini akan berakhir pada 04.14 WIB.

"Dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari mulai hingga berakhir adalah 4 jam 08,7 menit," tulis BMKG dalam keterangan yang tertulis dalam situs resmi, Kamis, 9 Januari 2020.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Caleg PDIP Harun Masiku Diimbau KPK Menyerahkan Diri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengultimatum calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP Harun Masiku (HAR) untuk menyerahkan diri ke lembaga antirasuah. Harun sudah dijerat sebagai tersangka lantaran diduga menyuap Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"KPK meminta tersangka HAR segera menyerahkan diri ke KPK," ujar Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis malam, 9 Januari 2020.

Sebelumnya, KPK menetapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan sebagai tersangka. Wahyu ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan penerimaan suap penetapan anggota DPR terplih 2019-2020.

Tak hanya Wahyu Setiawan, KPK juga menetapkan 3 tersangka lainnya dalam kasus tersebut.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: