Sukses

Masyarakat NTT Sambut Gembira Program Mudik Gratis Nataru Pelindo III

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan pemberian layanan mudik gratis natal dan tahun baru 2019 ini merupakan terobosan baru dan program pertama yang diadakan oleh Pelindo III karena melihat antusias warga dan pemerintah daerah.

Liputan6.com, Jakarta Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore sangat mengapresiasi program bus gratis untuk para penumpang kapal laut jelang hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang diselenggarakan oleh Pelindo III dimana hal tersebut sangat dibutuhkan oleh para penumpang kapal di NTT.

“Program tersebut akan memudahkan warga kupang untuk menemui keluarga dan sanak saudara, dan ini merupakan program yang luar biasa sangat saya apresiasi menunjukkan bahwa Pelindo III telah peduli ke masyarakat NTT, semoga dimanfaatkan oleh semua masyarakat khususnya penumpang kapal laut yang turun di Pelabuhan Tenau Kupang,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan pemberian layanan mudik gratis natal dan tahun baru 2019 ini merupakan terobosan baru dan program pertama yang diadakan oleh Pelindo III karena melihat antusias warga dan pemerintah daerah yang mendukung program mudik gratis yang diadakan sebelum-sebelumnya.

“Ini adalah terobosan dan inovasi baru kami sebagai wujud nyata kepedulian Pelindo III dalam berbagi kebahagiaan bersama serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang kapal yang sandar di pelabuhan Pelindo III, selain itu hal ini juga untuk lebih mendekatkan Pelindo III kepada masyarakat, sesuai dengan pesan Menteri BUMN bahwa BUMN harus bisa melayani dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkas Doso.

“Dalam hal ini kami ingin memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan layanan angkutan mudik berupa bus gratis ke sejumlah kota mengingat cukup tingginya jumlah pemudik natal dan tahun baru yang singgah di pelabuhan kami sehingga kami harapkan mereka mendapatkan kenyamanan dalam program ini,” tambahnya.

 

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terbaru dalam rangka menyambut mudik natal dan tahun baru 2019 ini Pelindo III memberikan pelayanan berupa angkutan mudik bus gratis ke sejumlah kota tujuan di bawah regional lingkup kerja Pelindo III.

Layanan angkutan mudik gratis natal dan tahun baru atau nataru tahun ini merupakan layanan nataru pertama yang di sediakan oleh Pelindo III. Rencananya sebanyak 20 ribu pemudik pada moment natal dan tahun baru 2019 yang akan menikmati fasilitas dari Pelindo III ini melalui bus gratis yang disediakan oleh Pelindo 3 dan selama perjalanan juga diberikan makan dan minum serta dilindungi asuransi selama perjalanan dengan bus gratis yang disediakan.

 

Fasilitas angkutan bus mudik gratis ini akan diselenggarakan di tiga pelabuhan di bawah naungan Pelindo III di antaranya adalah pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya dan Tenau Kupang Nusa Tenggara Timur.

Dari tiga pelabuhan tersebut para pemudik akan langsung di antar sampai ke sejumlah kota tujuan menggunakan bus diantaranya menuju Soe dan Kefa untuk wilayah pelabuhan No: PRS.04HUMAS/XII-2019 Tenau Kupang, Solo dan Jogja untuk wilayah pelabuhan Tanjung Mas serta Bojonegoro, Kediri, Ngawi dan Madiun untuk penumpang dari wilayah pelabuhan Tanjung Perak.

 

Seremonial pemberangkatan angkutan bus gratis natal dan tahun baru ini sendiri dilakukan di Pelabuhan Tenau Kupang, jumat (20/12) dan dipimpin langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia Toto Heli yanto. Ratusan pemudik laut yang sandar di pelabuhan Tenau Kupang langsung mendapatkan fasilitas bus gratis dari Pelindo 3 yang sudah tersedia di area pelabuhan dan akan mengantar mereka Soe dan Kefa.

“kita sediakan bus gratis untuk para pemudik natal dan tahun baru 2019 ini di sejumlah pelabuhan milik Pelindo III harapannya semoga seluruh pemudik khususnya yang tiba di Pelabuhan Tenau Kupang ini bisa memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas ini. Angkutan mudik bus gratis ini tidak cuma di sini tapi juga di pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung Mas,” ujar Toto.

Sember, salah satu penumpang yang ikut dalam program bus gratis, mengungkapkan bahwa saat ia turun dari kapal dan tahu ada bus gratis ia dan keluarganya segera bergegas naik dan ternyata memang betul-betul gratis, dapat snack dan infonya juga selama perjalanan akan dilindungi oleh asuransi yang semuanya ditanggung oleh Pelindo III.

Fasilitas angkutan mudik gratis ini nanti mulai bisa dinikmati para penumpang di tiga pelabuhan tersebut sejak tanggal 18 desember hingga tanggal 25 desember 2019. Penumpang pun tidak perlu repot mendaftar namun bisa langsung menggunakan fasilitas bus yang sudah di sediakan oleh Pelindo III di masing masing pelabuhan. Rencananya kegiatan ini akan menjadi pelayanan rutin Pelindo III tiap tahunnya kepada masyarakat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.