Sukses

Gelar Paripurna Hari Ini, DPR Akan Sahkan Prolegnas 2019-2024

Sebelum agenda rapat paripurna hari ini, kemarin pimpinan DPR sudah menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - DPR RI akan melaksanakan rapat paripurna dengan agenda mengesahkan program legislasi nasional (Prolegnas) tahun 2019-2024, hari ini, Selasa (17/12/2019).

"Siang ini benar (rapat paripurna)," kata Sekretaris Jendral DPR R Indra Iskandar saat dikonfirmasi, Selasa (17/12/2019).

Sebelum agenda rapat paripurna hari ini, kemarin pimpinan DPR sudah menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) terlebih dahulu.

Berdasarkan agenda rapat paripurna hari ini, DPR telah menetapkan 247 RUU Prolegnas jangka panjang tahun 2020-2024. Dari 247 itu, sebanyak 50 RUU masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2020.

Dari ratusan RUU prioritas lima tahunan itu, terdapat beberapa RUU yang terus menjadi sorotan publik, di antaranya RKUHP, RUU Pemasyarakatan, RUU Keamanan dan Ketahanan Siber (Kamtan Siber), RUU Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama dan RUU tentang Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).

Selain itu, rapat paripurna juga beragendakan mendengarkan Laporan Badan Legislasi DPR terhadap rancangan peraturan DPR tentang Tata Cara Penyusunan Prolegnas dan dilanjutkan dengan pengambilan keputusan. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembentukan 9 Tim Pengawas

Kemudian pengumuman pembentukan 9 tim pengawas DPR dan juga agenda mengambil keputusan terkait pemberian status warga negara Indonesia (WNI) bagi bek Persib Bandung Fabiano da Rosa Beltrame dan Pemain basket asal Amerika Serikat Peyton Alexis Whitted.

Rapat Paripurna akan ditutup pidato penutupan masa sidang oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.