Sukses

Kesaksian Warga Soal Penemuan Tas Mencurigakan di Dekat Masjid Istiqlal

Liputan6.com, Jakarta Suara ledakan terdengar dari depan kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. ledakan itu disebut berasal dari tas yang berada di trotoar di samping Hotel Sriwijaya atau di depan Masjid Istiqlal.

Seorang pedagang yang berada di samping hotel Sriwijaya, Kurniati mengatakan tas itu ditemukan seorang pengendara ojek online yang akhirnya melaporkan ke pos kepolisian yang berada di dekat stasiun Juanda.

"Awalnya tas itu ditemuin sama tukang ojol yang lewat depan Hotel Sriwijaya, nah dia akhirnya ngomong ke polisi seberang (stasiun juanda), dateng dateng bawa polisi 3,” kata Kurniati di lokasi, Senin (16/12/2019).

Kurniati menduga ojek online dan polisi tidak mau mengambil risiko dengan langsung membuka tas tersebut.

"Waktu itu pak polisinya enggak mau ambil resiko gitu mas, akhirnya datang polisi yang banyakan lagi pakai mobil yang ada tulisan teror bom apa ya kalo gasalah, terus baru deh dicek,” katanya.

Setelah dicek polisi, tas itu berisi baju-baju. Kurniati juga mengatakan tidak mendengar ledakan apa pun di sekitar Masjid Istiqlal, dia hanya melihat tas saja.

"Enggak ada apa-apa, isinya cuma baju sama sampah sampah gitu, kayaknya sih cuma orang iseng aja soalnya setelah dicek langsung sepi,” ucap dia.

Sementara itu, petugas Satpol PP Agung juga menyatakan tidak ada bom atau pun bahan peledak dalam tas itu.

"Ya kita enggak tahu sih awal mulanya mas, kita dapet info disuruh merapat. Pas kita cek udah bersih. Jadi awalnya kita disuruh ngecek, karena dikirimin foto tim penjinak bom merapat sama tadi jalanan sempet disterilin kan,” ucapnya.

 

2 dari 3 halaman

Terdengar Ledakan

Sebelumnya, Humas masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan, sumber ledakan berasal dari sebuah bungkusan mencurigakan yag berada di depan pintu gerbang Istiqlal antara Hotel Sriwijaya yang terletak di Jalan Veteran Jakarta Pusat. Hotel ini berada tak jauh dari Masjid Istiqlal.

“Itu dari bungkusan yang diledakan oleh polisi, dari tim Gegana yang menyisi lokasi,” ucap Huraira saat dihubungi Liputan6.com, Senin (16/12/2019).

Dia mengatakan, ledakan itu terdengar sekitar 14.00 WIB. Dia mengatakan, ledakan terdengar setelah polisi datang memeriksa isi tas tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sedang Direnovasi, Masjid Istiqlal Tetap Sediakan Parkir Bagi Jemaat Misa Natal
Artikel Selanjutnya
Meski Direnovasi, Lahan Parkir Istiqlal untuk Jemaat Gereja Katedral Masih Tersedia