Sukses

Mengintip Gaji Pramugari Indonesia, dari Garuda hingga Nam Air

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hal baru lagi jika pramugari menjadi salah satu pekerjaan impian. Bagaimana tidak, gaji pramugari bisa dibilang cukup menggiurkan.

Namun begitu, gaji yang diperoleh sesuai dengan risiko yang ditanggung. Karena mereka kerap terbang pindah kota atau pun negara.

Seorang pramugari harus berkorban waktu hingga nyawa sekali pun. Oleh karena itu, seleksi yang ketat dan serangkaian pelatihan didapat para pramugari sebelum terbang.

Masyarakat juga sering bertanya-tanya berapa besaran gaji pramugari hingga banyak orang memimpikan profesi itu.

Lantas, apakah besaran gaji pramugari sesuai dengan risiko yang ditanggungnya? Simak ulasan besaran gaji pramugari di maskapai Indonesia yang dihimpun dari beberapa sumber berikut ini:

 

2 dari 9 halaman

Garuda Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan maskapai Garuda Indonesia? Apalagi belakangan, maskapai pelat merah itu menjadi perhatian karena kedapatan menyelundupkan onderdil motor gede Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai penerbangan yang sudah ada sejak lama di Indonesia. Mereka juga dikenal sebagai maskapai terbaik di Indonesia.

Hal tersebut didukung oleh segala fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan ini. Tak mengherankan pula, bekerja di Garuda Indonesia sebagai seorang pilot ataupun pramugari akan mendapatkan gaji yang cukup besar.

Dilansir dari beberapa sumber, untuk pramugari junior yang masih training sekalipun akan mendapatkan gaji hingga Rp 15 juta.

Sedangkan, untuk seorang pramugari senior dengan jam terbang dan masa kerja yang tinggi, mereka akan mendapatkan gaji hingga Rp 30 juta. Gaji yang diberikan pada tiap pramugari hampir semuanya di luar uang tunjangan dan uang tambahan lainnya.

 

3 dari 9 halaman

Citilink

Mantan anak perusahaan Garuda Indonesia ini ternyata memberikan gaji yang cukup fantastis. Maskapai penerbangan yang identik dengan warna hijau ini tidak tanggung-tanggung dalam memberikan gaji kepada pekerjanya.

Dilansir dair beberapa sumber, untuk seorang pramugari muda akan mendapatkan gaji sekitar Rp 2-3 juta. Sedangkan untuk pramugari senior, mereka akan mendapatkan upah sekitar Rp 5 juta.

Gaji tersebut tentu saja di luar uang tambahan dan tunjangan lainnya. Jika ditotal, seorang pramugari maskapai penerbangan Citilink bisa mendapatkan sekitar Rp 20 juta perbulan.

 

4 dari 9 halaman

Air Asia

Meski juga tergolong sebagai penerbangan baru di Indonesia, namun Air Asia tak kalah saing dengan maskapai lainnya.

Hal itu lantaran Air Asia dikenal sebagai sebuah maskapai penerbangan yang menawarkan harga murah pada pelanggannya.

Tak hanya itu, Air Asia juga sudah menyediakan layanan penerbangan baik ke dalam negeri maupun luar negeri.

Pelayanan dan fasilitas yang cukup bagus, membuat sebagian besar publik cenderung memilih Air Asia sebagai salah satu maskapai favoritnya.

Banyaknya konsumen yang menggunakan jasanya, tak mengherankan bila gaji seorang pilot ataupun pramugari Air Asia cukup besar.

Dilansir dari beberapa sumber, untuk seorang pramugari muda akan mendapatkan gaji sekitar Rp 3 juta. Gaji tersebut tentu saja belum termasuk uang tunjangan dan tambahan lainnya.

Diketahui nantinya seorang pramugari juga akan mendapatkan uang terbang di mana setiap jamnya berharga sekitar Rp 50 ribu.

Jika ditotal, pramugari muda Air Asia bisa mendapatkan upah sekitar Rp 8-15 juta perbulan. Dan tentu saja, gaji seorang pramugari senior di Air Asia lebih dari gaji pramugari muda tersebut.

 

5 dari 9 halaman

Lion Air

Sama seperti Garuda Indonesia, maskapai penerbangan Lion Air juga telah lama ada di Indonesia. Tak hanya itu saja, Lion Air juga dikenal sebagai maskapai lokal yang memberikan harga penerbangan relatif murah.

Seperti penerbangan lainnya, Lion Air juga menyediakan layanan penerbangan ke dalam negeri maupun luar negeri.

Kendati sering terjadi kecelakaan, namun eksistensi maskapai Lion Air masih tetap di atas. Tak heran bila masih banyak masyarakat yang ingin berkerja sebagai seorang pramugari dari maskapai Lion Air.

Dihimpun dari beberapa sumber, gaji seorang pramugari muda sekitar Rp 2-3 juta perbulan. Sedangkan, pramugari senior akan mendapatkan gaji berkisar Rp 5-6 juta.

Seperti maskapai lainnya, gaji tersebut belum termasuk uang tunjangan dan tambahan lainnya. Pramugari Lion Air nantinya juga akan mendapatkan uang tambahan terbang di mana setiap satu jamnya akan mendapatkan sekitar Rp 50 ribu. Jika dikalkulasikan, gaji yang diterima oleh pramugari Lion Air berkisar Rp 15-20 juta setiap bulan.

 

6 dari 9 halaman

Batik Air

Sesuai dengan namanya, maskapai penerbangan ini identik sekali dengan kain batik.

Tak hanya digunakan dalam busana pramugari, di badan pesawat Batik Air juga akan terlihat corak batik di bagian belakang. Meskipun tergolong baru, eksistensi Batik Air tidak perlu diragukan lagi.

Tak heran juga jika perusahaan maskapai ini berani menggelontorkan uang cukup banyak untuk para pekerja khususnya pramugari.

Dilansir dari beberapa sumber, seorang pramugari muda akan mendapatkan upah sekitar Rp 2-3 juta setiap bulan. Tentu saja upah tersebut belum termasuk biaya tambahan lainnya.

Jika dikalkulasikan setiap bulannya, pramugari muda akan mendapatkan gaji sekitar Rp 7,5 juta. Dan pastinya gaji pramugari senior akan lebih besar dari itu.

7 dari 9 halaman

Sriwijaya Air

Sriwijaya Air merupakan salah satu maskapai penerbangan yang telah ada sejak lama.

Tak mengherankan jika perusahaan ini berani mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk menggaji pekerja khususnya pramugari.

Dilansir dari beberapa sumber, kisaran gaji seorang pramugari maskapai Sriwijaya Air sekitar Rp 19,5 juta.

 

8 dari 9 halaman

Nam Air

Nam Air merupakan afiliasi atau anak perusahaan maskapai Sriwijaya Air. Berdiri sejak 2013 silam, Nam Air juga menjadi salah satu favorit publik bila ingin terbang di Indonesia.

Untuk gaji seorang pramugari maskapai Nam Air sendiri berkisar Rp 8 juta setiap bulan. Besaran gaji tersebut di luar uang tunjangan dan penghasilan tambahan lainnya.

 

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Sumber : Merdeka

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Fakta Pelaporan Pramugari Garuda Indonesia Siwi Widi
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Pria Berotot dan 3 Tipe Penumpang yang Jadi Perhatian Utama Pramugari