Sukses

Survei: 94 Persen Responden Setuju CFD Bebas Rokok

Liputan6.com, Jakarta - Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) mengemukakan, 94 persen responden setuju penerapan Kawasan Tanpa Rokok (TKR) di lokasi car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

"Mayoritas atau setidaknya sekitar 94 persen pengunjung HBKB setuju bahwa tidak boleh ada yang merokok," kata Ketua Fakta Azas Tigor Nainggolan di Jakarta, Minggu (1/12/2019).

Alasan pengunjung setuju, kata dia, karena HBKB merupakan kawasan olah raga dan rekreasi keluarga dengan membawa anak-anak. Fakta sudah melakukan dua kali survei KTR di HBKB Jakarta, pada pekan lalu dan hari ini.

"Pagi Minggu ini, saya melihat dan melaporkan enam perokok di area HBKB dan langsung petugas Satpol PP menegur para perokok," kata Tigor.

Dia mengimbau masyarakat tidak segan melapor kepada petugas bila mendapati perokok di sekitarnya selama HBKB berlangsung.

Tigor menambahkan, hasil survei tersebut sudah disampaikan kepada otoritas terkait di Jakarta.

"Jika ketahuan ada yang merokok, petugas Satpol PP akan langsung menegur si perokok mematikan rokoknya," katanya seperti dikutip Antara.

2 dari 3 halaman

Ditegakkan Secara Konsisten

Tigor berharap upaya advokasi bebas rokok di kawasan HBKB dapat berhasil dan terus berjalan melalui penegakan peraturan secara konsisten.

"Semoga pengunjung HBKB menjadi lebih sehat karena di HBKB sudah tidak boleh merokok dan merupakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Senangnya Warga Datangi CFD Tanpa PKL
Artikel Selanjutnya
Dishub DKI: CFD Lebih Tertib Setelah Penataan PKL