Sukses

Top 3 News: Siapa Sosok Rabbial Muslim Nasution, Pelaku Bom Bunuh Diri Medan?

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, Rabbial Muslim Nasution alias Dedek (24) adalah nama pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Identitas pelaku terungkap dari hasil tes DNA.

Ledakan bom bunuh diri, Rabu pagi, 13 November kemarin juga menyebabkan enam orang terluka, sedangkan Dedek tewas di tempat. Dugaan sementara pelaku melakukan aksinya seorang diri atau lone wolf.

Lantas, siapa sosok pelaku bom bunuh diri ini?

Pelaku merupakan mahasiswa dan warga Medan. Dia diketahui pernah menjadi driver ojek online, namun sudah keluar. Diketahui, saat beraksi, pelaku mengenakan jaket salah satu atribut ojol berwarna hijau.

CCTV Mapolrestabes Medan bahkan merekam detik-detik saat pelaku bom bunuh diri mulai memasuki halaman hingga meledakkan diri. Apakah Dedek terafiliasi dengan jaringan atau kelompok teroris? Hingga kini masih ditelusuri. 

Pelaku bom bunuh diri ini diduga memiliki akun YouTube dengan nama Rabbial Muslim Nasution - Indonesia dengan 481 subscriber. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 11 November 2019:

 

2 dari 5 halaman

1. Menko Polhukam: 1 Bomber Mapolrestabes Medan Lari, Masih Dikejar

Menkopolhukam Mahfud Md mengatakan, masih ada satu pelaku pengeboman di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Pelaku itu, kata dia, masih dalam pengejaran.

Sebelumnya diberitakan, pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara berhasil diidentifikasi.

Pelaku diketahui bernama Rabbial Muslim Nasution alias Dedek (24). Bom bunuh diri yang terjadi pada Rabu kemarin ini merusak beberapa kendaraan dinas kepolisian. Enam orang juga dilaporkan luka-luka.

"Dugaan sementara pelaku ini melakukan aksi terorisme lone wolf," kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Polisi Ungkap Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan, Siapa Dia?

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, identitas pelaku sudah diketahui oleh pihaknya. Pelaku merupakan seorang pelajar ataupun mahasiswa, dan berstatus warga Medan.

Diungkapkan Tatan, pelaku juga diketahui pernah menjadi driver ojek online (ojol). Namun sudah keluar. Sedangkan afiliasi atau terkait dengan jaringan dan kelompok lain, masih belum diketahui.

"Kalau itu (afiliasi) belum, ya. Masih belum diketahui," ujarnya.

Ledakan diduga bom bunuh diri terjadi di Mapolrestabes sekitar pukul 08.45 WIB. Pelaku disebut-sebut menggunakan atribut ojol masuk dari pintu depan kemudian meledakan diri di sekitar kantin Mapolrestabes Medan.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Akun YouTube Rabbial Muslim Nasution Pelaku Bom Bunuh Diri Medan Ditelusuri Polisi

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan berinisial RMN (24), diidentifikasi berdasarkan sidik jari yang ditemukan di TKP.

Berdasarkan penelurusan, pelaku diduga juga memiliki akun YouTube dengan nama Rabbial Muslim Nasution - Indonesia dengan 481 subscriber.

Unggahan pertamanya pada 2 Maret 2013 dengan judul Jokowi datangi korban BANJIR di Medan ( JANGKA ) yang telah diputar sebanyak 1.936 kali. Video tersebut berisikan seorang pria yang diduga pemilik akun, berperan sebagai wartawan yang meliput bencana banjir.

Sementara unggahan selanjutnya pada 20 September 2019 merupakan video berdurasi 15 detik.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Geger Induk Ular Kobra di Grand Depok City
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Akses Jalan Ditutup, Ini Kisah Pilu Pasangan Lansia di Mangga Dua