Sukses

Imbauan Polri Jelang Perayaan HUT OPM

Polri akan mengadakan dialog dengan tokoh masyarakat dan agama di Papua jelang perayaan HUT OPM.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Muhammad Iqbal mengatakan, tak ada pengamanan khusus Polri menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) OPM pada awal Desember mendatang.

”Tidak ada pengamanan khusus,”katanya di Bareskrim Mabes Polri, Senin (11/11/2019).

Polri, menurut Iqbal, akan mengadakan dialog dengan tokoh masyarakat dan agama di Papua.

“Yang jelas kita akan lakukan upaya kepolisian terbatas yaitu dialog dengan tokoh masyarakat, agama untuk menciptakan kondisi yang kondusif,” ucapnya.

Selain itu, polisi juga mengimbau agar tidak ada mobilisasi massa ataupun pengibaran bendera OPM dan hal yang termasuk pelanggaran.

“Bahwa setiap perayaan HUT itu, kami imbau tidak memobilisasi massa dan tidak melakukan pelanggaran apapun,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid meminta TNI dan Polri menjaga keamanan di Papua agar tetap kondusif menjelang HUT OPM.

"Menjelang Desember diharapkan TNI-Polri dapat menjaga kondusivitas guna memastikan Papua tetap aman," ujar Meutya di Jayapura seperti dikutip dari Antara, Sabtu (9/11/2019).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Dilaporkan ke Kasdam

Dikatakan, dalam pertemuan yang berlangsung di Makodam XVII Cenderawasih, Jumat malam (8/11/2019) Kasdam XVII Cenderawasih sudah memaparkan dan melaporkan tentang kondisi di Papua.

"Laporan yang disampaikan Kasdam membuat kami cukup tenang," ucap politisi Golkar tersebut.

Terkait masalah penegakan hukum, kata Meutya, Komisi I DPR RI juga mendorong dilakukannya pendekatan dialog dengan berbagai kelompok di Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.