Sukses

Diperiksa KPK, Eks Dirut Petral: Saya Percaya Lembaga Ini

Bambang mengaku tidak ada pertanyan yang mengarahkan terkait hubungannya dengan sang pengusaha minyak Rizal Chalid.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Utama Pertamina Energy Trading Limited (Petral), Bambang Irianto (BTO) telah ditetapkan KPK sebagai tersangka. Dia jadi pesakitan dalam kasus dugaan suap perdagangan minyak mentah dan produk kilang di Pertamina Energy Service Pte Ltd.

"Hari ini saya diperiksa pertama sebagai tersangka, ada beberapa pertanyaan yang diajukan ke saya dan dalam melakukan tanya jawab juga sangat koperatif, sangat lancar, saya percaya lembaga ini," kata Bambang usai diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2019).

Namun, saat dikonfirmasi awak media soal dugaan suap senilai US$ 2,9 juta, dia mengaku KPK belum mencecarnya terkait hal tersebut. Bambang juga mengaku tidak ada pertanyan yang mengarahkan terkait hubungannya dengan sang pengusaha minyak Rizal Chalid.

"Tidak ada, belum sampai ke situ," jelas Bambang.

Dia mengaku, penyidik KPK hanya menanyakan seputar tugas pokok dan fungsinya selama menjalankan peran sebagai Dirut Petral.

KPK menetapkan Bambang sebagai tersangka sejak Selasa, 10 September 2019. Kendati demikian, KPK belum menahan yang bersangkutan.

Kasus yang membelit Bambang diduga berlangsung saat yang bersangkutan menjabat sebagai Managing Director Pertamina Energy Service (PES) Pte. Ltd periode 2009-2013. Bambang diduga menerima suap USD 2,9 juta dari pihak Kernel Oil.

Dia diduga telah membantu kegiatan perdagangan produk kilang dan minyak mentah kepada PES/PT Pertamina (Persero) di Singapura dan pengiriman kargo.

"Penerimaan uang haram itu diduga disamarkan Bambang lewat rekening perusahaan cangkang," terang Febri.

Dia melanjutkan, perusahaan cangkang tersebut bernama Siam Group Holding Ltd yang berada di British Virgin Island. Perusahaan tersebut menerima uang dalam periode 2010-2013.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Bambang

Akar kasus ini diendus saat tahun 2008, Bambang masih bekerja di kantor pusat PT Pertamina (Persero). Dia bertemu dengan perwakilan Kernel Oil Ltd, yang merupakan salah satu rekanan PES/PT Pertamina.

Bambang kemudian melaksanakan pengadaan serta penjualan minyak mentah dan produk kilang untuk kebutuhan PT Pertamina. Kernel Oil akhirnya menjadi rekanan PES untuk impor dan ekspor minyak mentah.

"BTO berperan mengamankan alokasi kargo Kernel Oil dalam tender penjualan minyak mentah. Sebagai imbalannya BTO diduga menerima sejumlah uang yang diterima melalui rekening bank di luar negeri," terang Febri.

Bambang disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b subsidair Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.