Sukses

Ingatkan Anak-Anak Cegah Stunting, Menkes Terawan: Kalau Main, Jangan Lupa Makan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan menggelar kampanye mencegah stunting. Acara digelar meriah mengusung tema pentingnya bermain bagi anak.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (4/11/2019), sebanyak 1.400 anak mengikuti kampanye cegah tengkes Kementerian Kesehatan.

Acara yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto digelar di lapangan Gedung Olahraga Soemantri Brodjonegoro, Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Mengusung tema pentingnya bermain bagi anak, sejumlah permainan tradisional digelar dalam kampanye seperti lompat karet, estafet sarung, hingga mewarnai dan menerbangkan layang-layang. Tujuannya untuk melatih fisik, motorik, dan menanamkan nilai sportivitas pada anak. 

Masyarakat juga diingatkan untuk memberikan asupan makanan bergizi kepada anak terutama setelah banyak beraktivitas.

"Dengan bermain dan juga menyadarkan bahwa di tengah-tengah bermain harus ingat kalau lapar ya segera makan, isi perutnya dan harus cukup minumnya, sehingga paling tidak ini juga mencegah terjadinya stunting," ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Selain Kementerian Kesehatan, sejumlah kementerian lain serta pemerintah daerah sepakat untuk bersinergi menanggulangi masalah tengkes di Indonesia.  

Salah satu upayanya ialah dengan memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh tentang permasalahan tengkes dan pencegahannya lewat kampanye yang melibatkan berbagai jaringan masyarakat.