Sukses

Profil Alue Dohong, Orang Dayak Pertama yang Jadi Wakil Menteri LHK

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengumumkan 12 wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019). 

Salah satu nama yang diumumkan adalah Alue Dohong. Dia dipercaya untuk menempati posisi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) membantu Menteri Siti Nurbaya Bakar. 

Alue Dohong merupakan Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) yang menjabat sejak 2016. Dia merupakan putera kelahiran suku Dayak Kalimantan.

"Saya ucapkan terima kasih karena saya suku Dayak. Saya yakin takdir saya jadi wamen tentu jadi kebanggaan bagi suku Dayak. Saya kira itu," kata Alue usai bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

"Baru kali ini wamen orang Dayak. Berdasarkan arahan Bapak Presiden di KLHK. Termasuk itu juga (kebakaran hutan)," imbuh dia.

Berikut profil singkat Alue Dohong yang dihimpun Liputan6.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 5 halaman

Karier Pendidikan

Alue Dohong merupakan seorang akademisi. Dia menjadi dosen di Universitas Palangka Raya bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup. 

Selain menjadi dosen, Alue telah lama bergelut dalam bidang pengelolaan lahan basah atau lahan gambut.

3 dari 5 halaman

Karier Bisnis

Alue Dohong menjabat sebagai Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) sejak 2016.

Sebelum berkiprah di BRG, Alue mendirikan Lembaga Pengkajian, Pendidikan, dan Pelatihan Lingkungan Hidup (LP3LH) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

4 dari 5 halaman

Orang Dayak Pertama di Kabinet Jokowi

Alue merupakan Deputi Badan Restorasi Gambut (BRG). Penunjukan ini dinilai menjadi sejarah tersendiri di birokrasi Indonesia, karena Alue akan menjadi orang dari suku dayak pertama yang ditunjuk menjadi pejabat negara.

"Baru kali ini wamen orang Dayak. Berdasarkan arahan bapak pres di klhk. Termasuk itu juga (kebakaran hutan)," kata Alue usai bertemu Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).

Sebelum dilantik, Alue menjelaskan pertemuan dengan Presiden Jokowi. Dia membahas beberapa hal, mulai dari kehutanan hingga rencana ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Kita banyak berdiskusi tentang kehutanan, lahan, dan rencana ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Itu yang banyak didiskusikan," ungkap Alue.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading