Sukses

Polisi Lalu Lintas Bakal Dibekali Teknologi Body Camera Saat Bertugas

Body camera ini juga dapat menindak para pelanggar lalu lintas dengan menggunakan alat berbasis teknologi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan dilengkapi sebuah kamera berteknologi tinggi yang biasa disebut 'body camera' saat bertugas di lapangan. Nantinya, kamera tersebut bakal dipasang pada saku baju anggota.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, fungsi dari body camera ini sendiri untuk mengawasi anggota kepolisian saat bertugas di lapangan.

"(Tujuannya) untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan," kata Nasir saat dikonfirmasi, Senin (14/10).

Selain itu, body camera ini dapat merekam video dan suara secara "streaming" selama delapan jam tanpa berhenti. Alat ini nantinya dikendalikan secara langsung di ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya.

Lalu, body camera ini juga dapat menindak para pelanggar lalu lintas dengan menggunakan alat berbasis teknologi tersebut.

"Body camera juga untuk menindak pelanggar lantas secara elektronik. Alat itu dapat diarahkan ke sasaran dari back office (ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya)," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Tambahan Personel

Bukan hanya itu, kamera portabel tersebut juga bisa digunakan untuk meminta tambahan personel untuk mengatur arus lalu lintas.

"Body camera juga dapat untuk meminta bantuan personel dalam tugas yang memerlukan penambahan personel," tandasnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.