Sukses

Siapa yang Bakal Dipilih PAN dan PKS Sebagai Ketua MPR?

PAN mengaku sudah dilobi banyak partai. Termasuk Ahmad Muzani.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Fraksi PAN MPR Saleh Daulay mengatakan pihaknya cenderung mendukung Bambang Soesatyo dari Golkar sebagai ketua MPR. Namun, belum ada yang pasti karena proses lobi masih berlangsung.

"Kalau PAN itu sejauh ini kelihatannya kecenderungannya itu ke Bambang Soesatyo," ujar Saleh di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

PAN mengaku sudah dilobi banyak partai. Termasuk Ahmad Muzani.

"Bukan hanya Pak Bamsoet saja tapi juga teman-teman lain dari fraksi Golkar sudah bicara, Pak Muzani juga sudah menghubungi kita, teman-teman dari partai Gerindra juga sudah menghubungi kita," ujar Saleh.

Tidak cuma calon dari partai yang melakukan lobi. Fadel Muhammad dari DPD turut bersaing memperebutkan kursi ketua MPR.

"Pak Fadel itu juga sedang komunikasi saya kira, karena baru tadi malam dia dapat tiketnya, jadi kita tunggu," kata Saleh.

Kata Saleh, pukul 14.00 WIB akan kembali menggelar rapat untuk menentukan siapa calon ketua yang akan diusung. PAN berharap tercapai musyawarah mufakat sore ini. Sehingga tinggal paripurna menetapkan ketua MPR terpilih pukul 19.00 WIB.

"Kita berharap kalau selesai lobi-lobi sampai sore nanti jam 5, jam 7 malam kita sudah paripurna untuk menentukan dan menetapkan untuk ketua MPR RI," kata Saleh.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Pilih Siapa?

Sementara Ketua Fraksi PKS MPR Tifatul Sembiring mengaku sudah kebayang arah dukungan terhadap calon ketua MPR. Posisi tersebut diperebutkan Bambang Soesatyo dari Golkar dan Ahmad Muzani dari Gerindra.

Namun, Tifatul enggan mengungkapkan arah dukungan PKS. "Ada si kebayang, terbayang-bayang kalau diungkapkan nanti beda kan," kata Tifatul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

PKS mengaku sudah dilobi Gerindra dan Golkar. Kata Tifatul konstelasi politik sekarang lebih cair karena tidak ada koalisi yang baku seperti 2014 lalu.

Tifatul mengatakan, tidak ingin menambah tensi politik dengan menyatakan dukungan.

"Tapi sejarah politik orang bisa membaca ini arahnya ke mana secara politik. Nggak perlu analisa yang rumit-rumit menurut saya dinamika, saya tidak ingin menambah tension ya. Menambah tension lagi di MPR ada ketagangan baru, saya ingin nanti kita musyawarah mufakat tercapai," kata dia.

PKS hanya satu yang pasti. Yaitu mengusung kembali Hidayat Nur Wahid sebagai pimpinan MPR.

"Jadi yang jelas saya juga ingin ungkapkan di sini bahwa Wakil Ketua MPR dari PKS itu Doktor Hidayat Nur Wahid, itu udah sepakat," kata Tifatul.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.