Sukses

Polisi Tangkap 17 Orang Diduga Merusak Pos Polisi Slipi Saat Demo Mahasiswa

Polisi juga menyita sejumlah barang bukti dari tangan 17 orang yang diamankan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat menangkap 17 orang yang diduga terlibat perusakan sejumlah fasilitas umum saat demo mahasiswa menolak revisi KUHP pada Selasa 24 September 2019.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi mengatakan, 17 orang tersebut diduga terlibat perusakan pembakaran Pos Polisi Lalu Lintas di Slipi, Jakarta Barat. Hengky menyebut para pelaku rata-rata masih di bawah umur.

"Kami tangkap orang-orang yang diduga sebagai provokator. Mereka berasal dari luar daerah atau luar Jakarta," kata Hengki dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Hengki menjelaskan, pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti dari tangan 17 orang yang diamankan tersebut.

Barang bukti tersebut di antaranya bom molotov, gir, batu, dan petasan. Hingga kini polisi masih terus mendalami motif dari para pelaku yang nekat merusak fasilitas umum.

"Kami menduga aksi anarkis tersebut ditunggangi oleh oknum yang ingin memanfaatkan situasi," ucap dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demo Mahasiswa

Sebelumnya, ribuan mahasiswa menggelar unjuk rasa menolak revisi KUHP di depan Gedung DPR, Jakarta pada Selasa 24 September 2019.

Mereka datang dengan membawa spanduk dan papan yang bertuliskan tuntutan terhadap DPR untuk membatalkan revisi KUHP dan UU KPK.

Dengan adanya aksi tersebut, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta tak bisa dilewati kendaraan. Belakangan, aksi berlanjut sampai dini hari tadi. 

Gelombang penolakan pun juga terjadi di sejumlah daerah, misalnya saja Medan, Bandung, Semarang, Solo, Lumajang, hingga Makassar. Para mahasiswa kompak menolak revisi KUHP dan penerapan UU KPK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.