Sukses

2 Menteri Lolos ke Parlemen, Jokowi Akan Angkat Plt

Sebelumnya, Jokowi juga telah menunjuk Hanif Dhakiri sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Imam Nahrawi.

Liputan6.com, Bogor - Dua menteri kabinet kerja, terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dan akan dilantik pada 1 Oktober 2019. Untuk itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengangkat pelaksana tugas (plt) agar posisi menteri yang ditinggalkan tak kosong.

"Nanti masih ada waktu 20 hari lagi. Kurang lebih sikap Pak Presiden mengangkat Plt untuk beberapa jabatan menteri yang kosong, kan tidak banyak," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

Adapun menteri kabinet Jokowi yang lolos ke parlemen antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Puan terpilih sebagai anggota DPR dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah V. Putri Megawati Soekarnoputri itu meraih suara terbanyak dengan 420 ribu suara. Sementara itu, Yasonna maju dari Dapil I Sumatera Utara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Plt Menpora

Sebelumnya, Jokowi juga telah menunjuk Hanif Dhakiri sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Imam Nahrawi, yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi. Hanif Dhakiri saat ini juga menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan.

Pratikno menjelaskan beberapa pertimbangan sehingga Jokowi akhirnya menunjuk Hanif Dhakiri sebagai Plt Menpora. Salah satunya yaitu lantaran Hanif merupakan sama-sama berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Ya salah satunya itu (karena Hanif PKB)," ujar Pratikno.

Selain itu, dia menjelaskan saat ini ada beberapa menteri kabinet kerja yang terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dan akan dilantik pada 1 Oktober mendatang. Sehingga, Jokowi tak memiliki banyak pilihan untuk mencari sosok sebagai Plt Menpora.

"Oleh karena itu pilihannya tidak banyak, akhirnya Pak Presiden memutuskan Pak Hanif sebagai Plt," jelas Pratikno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.