Sukses

Kurangi Kemacetan, Anies Baswedan Minta Warga Banyak Bersepeda dan Jalan Kaki

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendorong warga Jakarta lebih banyak menggunakan sepeda dan berjalan kaki. Hal itu disampaikannya usai menghadiri apel peringatan Hari Perhubungan Nasional di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2019) pagi.

"Jadi kita di Jakarta bicara perhubungan adalah bicara tentang peningkatan jumlah penumpang kendaraan umum dan mendorong warga lebih banyak menggunakan sepeda serta berjalan kaki. Kita alhamdulillah bersyukur bahwa jumlah penumpang kendaraan umum makin hari makin meningkat. Dan dengan cara seperti itu maka kemacetan di Jakarta bisa kita kurangi," kata Anies Baswedan di lokasi.

Anies mengatakan, guna mendorong lebih banyak warga menggunakan sepeda, dalam waktu dekat pihaknya akan meluncurkan jalur-jalur sepeda. Dengan demikian, akan ada lebih banyak warga yang menggunakan sepeda untuk beraktivitas.

Menurut dia, sepeda bukan hanya sebuah alat olahraga, namun juga alat transportasi yang dapat dipakai sehari-hari.

"Dengan begitu keseharian kita dengan lokasi yang dekat, untuk jarak-jarak tempuh yang memungkinkan menggunakan sepeda, kita mendorong masyarakat menggunakan sepeda," jelasnya.

Selain akan memperbanyak jalur sepeda, Anies Baswedan bakal mendorong agar dibangun tempat parkir sepeda yang lebih banyak. Dia  pun meminta gedung perkantoran milik swasta membangun tempat parkir sepeda lebih banyak. Kemudian, pembangunan trotoar juga tak dia lupakan.

"Pembangunan trotoar juga kita dorong supaya warga lebih banyak lagi berjalan kaki. Itu pesan khusus terkait dengan Jakarta, karena bagaimanapun juga kita bicara perhubungan di Jakarta yang kita dorong adalah kendaraan umum massal," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Jalur Sepeda Rampung Akhir Tahun

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan pembuatan jalur sepeda di jalan-jalan Ibu Kota selesai sebelum akhir tahun.

"Sedang dalam proses. Kita berharap bisa tuntaskan mudah-mudahan sebelum akhir tahun," kata Anies di kawasan Senayan, Minggu (15/9/2019).

Nantinya, akan ada peluncuran resmi pembukaan jalur sepeda. Pada peluncuran itu akan dijabarkan detail dan rute sepeda mana saja untuk dinikmati warga.

"Minggu lalu sudah selesai workshopnya. Saya rasa ini akan disampaikan secara detail pada saat kita peluncurannya, supaya nanti masyarakat juga mengetahui rutenya di mana saja dan cara-cara apa saja yang dilakukan untuk bisa membuat bersepeda menjadi nyaman dan aman,” jelas Anies Baswedan.

Mantan Mendikbud itu ingin mendorong warga agar menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar olahraga saja.

"Sepeda bukan sekadar alat olahraga. Karena kalau sepeda sebagai alat olahraga, maka konsekuensinya seringkali kita menempatkan ini di waktu-waktu kita senggang,” katanya.

Ia berjanji akan menyediakan rute dan parkir sepeda agar makin banyak orang mau pakai sepeda ke kantor atau sebagai alat transportasi.

"Tapi kalau sepeda sebagai alat transportasi, maka kita gunakan sepeda untuk jarak-jarak yang mudah pakai sepeda. Seperti di lingkungan rumah, di lingkungan kantor. Dan itu artinya kita harus menyiapkan tempat-tempat parkir, menyiapkan ruang-ruang kamar mandi untuk tempat berbilas. Sehingga bagi warga yang bertransportasi memakai sepeda bisa nyaman," Anies Baswedan menandaskan.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ade Armando Dicecar 16 Pertanyaan soal Meme Anies Berwajah Joker
Artikel Selanjutnya
Ade Armando Mengaku Tak Bersalah Unggah Meme Anies Baswedan