Sukses

DPR Akan Pilih 5 Pimpinan KPK Periode 2019-2023 Malam Ini?

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR tengah melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 10 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK). Lima capim KPK telah diuji pada Rabu 11 September kemarin, dan lima sisanya dilakukan hari ini, Kamis (12/9/2019).

Anggota DPR Komisi III Masinton Pasaribu mengatakan, pihaknya akan menunjuk langsung lima pimpinan KPK setelah uji kelayakan dan kepatutan tuntas. Dia memperkirakan lima pimpinan baru KPK periode 2019-2023 bakal keluar malam ini.

"Kita akan tuntaskan lima (hari ini), dan kita akan pilih Insyaallah malam ini juga kalau waktunya cukup," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis.

Politikus PDI Perjuangan itu mengakui, banyak penolakan terhadap 10 capim yang tengah diuji kelayakan dan kepatutan. Dia menyatakan, beberapa hal yang dituding telah dikonfirmasi oleh panitia seleksi (Pansel) selama proses seleksi berlangsung.

"Kemarin Pansel menyampaikan bahwa 10 nama-nama (capim KPK) yang sudah mengikuti proses seleksi dan uji kompetensi yang dilakukan oleh Tim Pansel dinyatakan clear," kata Masinton.

2 dari 3 halaman

10 Capim KPK

Adapun lima calon pimpinan yang telah menjalankan uji kelayakan dan kepatutan kemarin, adalah Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Gufron, dan I Nyoman Wara.

Sementara lima capim yang menjalankan uji kelayakan dan kepatutan hari ini adalah, Alexander Mawarta, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Roby Arya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Arsul Sani DPR: Tak Ada yang Buru-Buru dalam Revisi UU KPK
Artikel Selanjutnya
Menanti Nasib KPK