Sukses

Top 3 News: Seruan Kebebasan dari Mahasiswa Papua di Polda Metro Jaya

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, polisi menangkap dua pelaku pengibar bendera bintang kejora di depan Istana negara, Jumat, 30 Agustus 2019. Mereka adalah mahasiswa Papua yang menggelar demonstrasi sebagai bentuk protes atas peristiwa rasisme terhadap mahasiswa Papua lainnya di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Selain mengibarkan bendera bintang kejora, Anes Tabuni dan  Charles Kossay juga dinilai sebagai orang yang menggerakkan massa aksi dan koordinator lapangan.

Atas penahanan kedua rekannya, Aliansi Mahasiswa Papua dan Papua Barat yang mengatasnamakan diri sebagai Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme meminta keduanya dibebaskan.

Sementara itu, kerusuhan yang terjadi di Deiyai, Papua menyebabkan enam orang meninggal dunia. Lima dari pengunjuk rasa, satu orang personel TNI. Mereka diduga tewas setelah aksi perampasan 10 senjata api milik TNI AD.

Dari Jakarta, Gubernur DKI Anies Baswedan menyerahkan kunci rumah DP 0 Rupiah kepada para penghuni baru.

Anies menyebut, program rumah DP 0 rupiah bukan hanya sekedar menyedikan rumah, namun untuk menjaga agar ketimpangan di DKI Jakarta tidak meluas.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Sabtu, 31 Agustus 2019:

2 dari 5 halaman

1. Mahasiswa Papua Minta Polisi Bebaskan Pengibar Bendera Bintang Kejora

Aliansi Mahasiswa Papua dan Papua Barat yang mengatasnamakan diri sebagai Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme Papua dan Papua Barat menyambangi Polda Metro Jaya.

Mereka meminta polisi membebaskan dua teman mereka, yang ditangkap pada Jumat 30 Agustus 2019 karena mengibarkan bendera bintang kejora di depan Istana Kepresidenan, Jakarta.

Juru Bicara aliansi, Ambrosius M menyampaikan, mereka tidak akan pulang sebelum kedua kawannya dibebaskan.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Polisi Ungkap Penyebab Jatuhnya Korban Jiwa Saat Kerusuhan di Deiyai

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua, Kombes Tony Harsono menyebut, ada enam korban meninggal saat kerusuhan di Deiyai, Papua.

Menurut Tony, lima korban di antaranya diduga sebagai pengunjuk rasa, sedangkan satu korban lainnya adalah personel TNI. Mereka diduga tewas setelah aksi perampasan 10 senjata api milik TNI AD.

Awalnya aksi demo yang dilakukan 100 warga di Deiyai berlangsung aman. Tapi, tiba-tiba ribuan datang dan ada yang langsung menyerang aparat keamanan serta mengambil senjata api.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Anies Serah Terima Kunci Rumah DP 0 Rupiah

Pembangunan Rusunami DP 0 Rupiah akhirnya selesai. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan serah terima kunci rumah DP 0 Rupiah di Kelapa Village, Jakarta Timur, Sabtu (31/8/2019).

"Hampir 50 persen penduduk kota ini tinggal dengan mengontrak, bukan memiliki rumah sendiri. Sementara, nilai properti di Jakarta mengalami peningkatan yang amat tinggi," tutur Anies di lokasi.

Mantan Mendikbud itu menekankan, tujuan awal dari program DP Nol Rupiah ini adalah memastikan agar kesenjangan sosial tak makin melebar di Jakarta.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Teori Ini Dipakai Tito Saat Negara Melarang Eks Koruptor Ikut Pilkada
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Gempa Goyang Maluku 4 Kali