Sukses

Khofifah Sebut Pertemuan 3 Gubernur terkait Rusuh Papua Digelar di Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pertemuan antara Gubernur Papua, Papua Barat dan Jawa Timur, akan dilaksanakan di Jawa Timur dengan mengundang Kapolri dan Menko Polhukam.

"Kita sangat siap dengan suka cita menjadi tuan rumah. Tadi sore menelepon Wali Kota Malang, dia berharap pertemuan tersebut dilaksanakan di Kota Malang," tutur Gubernur Khofifah usai silahturahmi Forkopimda di rumdis Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan di Surabaya, Selasa (21/8/2019) malam.

Khofifah menyampaikan bahwa Pemprov Jatim akan menyiapkan semacam sister province.

"Sister province itu kita akan membangun bidang pendidikan, formal dan informal, kemudian bidang layanan kesehatan," katanya.

"Format ini akan bisa menjadi bagian dari kerjasama yang bisa saling meningkatkan kualitas SDM di masing - masing provisi," ujar Gubernur Khofifah.

Khofifah juga mempunyai keinginan untuk menghidupka kembali format Papua di Hati yang pernah digagas dengan almarhum kiai Hasyim Muzadi.

"Dulu saat di Kementerian Sosial, saya bersama Kiai Hasyim Muzadi pernah membuat beberapa format yang kita sebut Papua di Hati," tutur Gubernur Khofifah. 

Khofifah heran karena dokumen - dokumen Papua di Hati ini ternyata masih tersimpan dengan baik yang ditemukan oleh seorang teman.

"Dan jika ini bagian dari penguatan hubungan antara Jawa Timur dengan Papua itu bisa menjadi bagian dari penguatan maka kita ingin Papua di Hati bisa kita hidupkan kembali," kata Khofifah.

2 dari 3 halaman

Cangkukan

Sebelumnya, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menggelar cangkrukan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) di rumah dinas Kapolda Jatim, Jalan Bengawan Surabaya, Senin 19 Agustus petang.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa sebetulnya cangkrukan ini sudah bagian dari meluaskan komunikasi dengan mahasiswa Papua di Jawa Timur.

"Gubernur Papua, Lukas Enembe saat saya telepon menyampaikan akan ada rencana menggelar pertemuan yang sama dengan mahasiswa Papua yang ada di Jawa Timur," tutur Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah menuturkan bahwa pihaknya saling mengkonfirmasi mana yang mungkin bisa kita jalin, bergandengan tangan, semua kita ajak bersama.

"Kita juga saling membangun dan memunculkan understanding. Ini penting supaya kalau ada sesuatu yang meragukan kebenarannya, maka harus ada klarifikasi dan verifikasi. Muncul understanding ini bisa dibangun kalau kita saling ketemu," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bertemu Jokowi, Paguyuban Warga Pendatang di Papua Berharap Tak Ada Lagi Kerusuhan
Artikel Selanjutnya
Kapolda Sebut Mahasiswa Pulang ke Papua Jadi Beban Sosial Pemda