Sukses

Kesaksikan Warga Terkait Kerusuhan di Manokwari

Saat ini sejumlah pegawai di jajaran Pemprov dan kabupaten dipulangkan untuk kemananan.

Liputan6.com, Jakarta Kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat. Sejumlah massa merusak dan membakar fasilitas umum dan tempat layanan masyarakat. Belum diketahui persis apa penyebab kerusuhan.

Rinjani Pramana, saksi mata yang juga pegawai pajak di Manokwari menyatakan, kerusuhan pecah mulai Senin pagi (19/8/2019). Massa yang berkumpul di sejumlah titik menebangi pohon dan membakar gedung DPRD Manokwari. suasan pun jadi mencekam.

Tak hanya itu, massa juga menjarah kios-kios yang ada di sejumlah jalan di Manokwari.

"Sebenarnya ini aksi demo lanjutan tadi malam. Cuma tadi malam masih aman. Nah yang pagi ini langsung pecah," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Senin.

Demo dilakukan untuk memprotes aksi kekerasan terhadap sejumlah mahasiswa di Malang, Semarang dan sejumlah wilayah lainnya.

"Tidak jelas juga apa yang jadi penyebabnya selain itu, kenapa mereka tiba-tiba rusuh," katanya.

Hanya, Rinjani menyatakan jika aksi tadi malam adalah mahasiswa, sedangkan massa yang berkumpul Senin pagi ini sudah campuran.

"Bisa jadi ada penyusup yang memprovokasi hingga akhirnya anarkis,' katanya.

Saat ini sejumlah pegawai di jajaran Pemprov Papua Barat dan kabupaten Manokwari dipulangkan untuk kemananan.

"Ada kabar mereka akan terus meluas, jadi diputuskan untuk dipulangkan," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.