Sukses

Ditemani OSO, Jokowi Saksikan Gladi Bersih Upacara HUT ke-74 RI

Jokowi menyaksikan proses upacara pengibaran bendera merah-putih dari awal hingga akhir.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau gladi bersih upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (15/8/2019). Jokowi menyaksikan proses upacara pengibaran bendera merah-putih dari awal hingga akhir.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di panggung utama upacara di Istana Merdeka Jakarta pukul 09.40 WIB. Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Ada pula Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO), Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Muhadjir Effendy. Jokowi kemudian mengambil tempat duduk di belakang inspektur upacara.

Prosesi upacara berlangsung sekitar 20 menit. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tampak serius menyaksikan gladi bersih upacara HUT RI. Sesekali, Jokowi berbincang dengan Kapolri dan Panglima

Gladi bersih HUT RI ini akan diikuti pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Mereka terlihat khidmat mengikuti gladi bersih ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

OSO Baca Teks Proklamasi

Dalam gladi bersih ini, OSO membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sementara itu, Muhadjir Effendy bertugas membacakan doa.

Setelah pengibaran bendera, ada atraksi fly past oleh TNI Angkatan Udara yang melewati langit Jakarta. Acara kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan lagu-lagu.

Puncak acara HUT ke-71 RI pada 17 Agustus sekitar pukul 08.00 WIB. Seluruh pejabat negara diagendakan hadir di halaman Istana Merdeka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.