Sukses

Anies Sebut Tarif Parkir di Jakarta Akan Ditentukan Hasil Uji Emisi

Anies Sebut Tarif Parkir di Jakarta Akan Ditentukan Hasil Uji Emisi Liputan6.com Anies menyebutkan, perbedaan tarif parkir di DKI Jakarta akan membuat udara Jakarta lebih bersih.

Liputan6.com, Jakarta - Tarif parkir kendaraan bermotor hingga listrik di Jakarta akan bervariasi, bergantung lolos tidaknya kendaran tersebut melewati uji emisi. Demikian ditegaskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Jadi parkir itu nanti akan ada variasi harga. Anda lolos uji emisi atau tidak, Anda menggunakan listrik atau tidak. Jadi bukan hanya lihat listriknya," ujar Anies di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Anies menyebutkan, perbedaan tarif parkir di DKI Jakarta akan membuat udara Jakarta lebih bersih dan membuat lebih banyak warga Jakarta menggunakan kendaraan umum.

"Bagi kami, makin banyak yang menggunakan kendaraan bebas emisi, itu makin baik. Makin banyak yang menggunakan kendaraan umum itu makin baik," ujar dia seperti dikutip Antara.

Saat ditanya apakah hal itu mendorong pembelian kendaraan listrik di kalangan masyarakat, Anies tidak mau berkomentar dan menyebutkan hal tersebut tergantung pasar.

"Apakah nanti mau menyewa, apakah mau membeli, apakah mau apa mekanismenya, itu keputusan di level pribadi warga negara, kan kita enggak bisa ngatur," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Emisi Elektronik

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi Uji Emisi Elektronik (e-Uji Emisi) bagi perangkat telepon pintar berbasis android agar mempermudah masyarakat melakukan uji emisi kendaraan.

Data pengguna pada aplikasi ini akan disambungkan dengan sistem yang lain dengan tawaran mendapat beberapa keuntungan seperti mendapatkan potongan harga parkir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.