Sukses

Maman PKB: PAN dan PKS itu Enggak Jelas

Liputan6.com, Jakarta - Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq menyindir gelagat Partai Amanat Nasional (PAN) yang ingin bergabung ke pemerintah. Maman geram dengan sikap PAN yang tak konsisten.

"PKB itu adalah koalisi yang sangat-sangat konsisten, tidak pernah gabung di sana. Masuk tempat menteri, di tengah jalan pindah lagi. Sekarang tiba-tiba mendekat lagi, kayak PAN lah saya bilang begitu," kata Maman dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2019).

Maman menyebut, ada beberapa partai yang sebaiknya tidak masuk dalam koalisi Jokowi. Menurutnya, partai-partai tersebut hanya mengganggu koalisi dan lebih baik tetap di luar pemerintahan.

"Misalnya PAN, PKS itu kan enggak jelas semua. Artinya ketika dia berkoalisi di dalam soal dedikasi loyalitas itu penting, oportunistik tidak selalu mengorbankan nilai moralitas," ujar Maman.

Maman mengatakan, sifat oportunis partai memang perlu, tapi moralitas berpartai juga mesti dibangun. Dia pun menyebut, Partai Gerindra yang lebih pantas menjadi oposisi.

"Makanya saya kalau ditanya apakah 02 itu masuk ke dalam, itu kan haknya Pak Presiden cuma kan saya ingin memberikan poin sederhana aja integritas. Gerindra itu sudah teruji seperti PDIP, artinya PDIP sanggup 10 tahun jadi oposisi, Gerindra jadi oposisi silakan dan itu lebih penting untuk republik ini," tutupnya.

2 dari 3 halaman

Target 10 Menteri

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berharap jatah menteri dari partainya bisa mencapai 10 orang.

Moga-moga 60 DPR RI, 10 menteri dilantik dari PKB. Berdoa kan ndak salah," kata Muhaiminsaat membuka acara Dialog Kebangsaan dan Buka Puasa Bersama Wakil Ketua MPR RI di kediamannya, Jalan Widya Chandra IV Nomor 23, Jakarta Selatan, Sabtu 18 Mei 2019.

Cak Imin berkelakar dengan berharap semoga pihak-pihak yang memanasi-manasi politik Indonesia akan tetap panas, namun rakyat aman dan sejahtera.

"Saya beserta keluarga mohon doa diberikan kesehatan dan sakinah mawadah warahmah," pinta Muhaimin dengan menggandeng istrinya ke atas panggung.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
PAN: Penambahan Kursi Pimpinan MPR Tergantung Kerelaan Semua Parpol
Artikel Selanjutnya
MPR Akan Bahas Penambahan Kursi Pimpinan Malam Ini