Sukses

Gandeng Kampus di Malaysia, Tangerang Akan Punya Pusat Kajian Halal

Salah satu kampus swasta di Tangerang, gandeng Universiti Utara Malayasia (UUM), untuk membangun pusat kajian halal pertama di Indonesia.

Liputan6.com, Tangerang Salah satu kampus swasta di Tangerang, gandeng Universiti Utara Malayasia (UUM), untuk membangun pusat kajian halal pertama di Indonesia.  

Bendahara Umum Yayasan Islam Syekh-Yusuf Tangerang, Yus Firdaus menuturkan, dukungan UUM untuk menjadikan Universitas Islam Syekh (Unis) sebagai pusat kajian halal di Indonesia, adalah saat diselenggarakan seminar Internasional yang dilaksanakan awal Juli 2019 yang lalu di UUM Malaysia.  

"Saat itu mengangkat tema 'Establishing A Global Halal Hub' dan dilanjutkan diskusi panel. Hasilnya, UMM akan mendukung penuh jika UNIS Tangerang akan membuka pusat kajian halal," ujar Yus, Sabtu (13/7/2019). 

Bahkan, lanjutnya, UUM akan mengirim para ahlinya ke UNIS dalam merealisasikan rencana tersebut. Adapun kajian halal yang akan dilakukan nantinya adalah bersifat ilmiah dan syariah, tidak untuk menerbitkan sertifikat. 

Sehingga, pusat kajian halal ini menjadi rujukan bagi produsen yang ingin mengeluarkan produknya. "Jadi, fokusnya adalah pada kajian syariahnya," paparnya.   

Yus Firdaus menambahkan, rencana dibuatnya pusat kajian halal di UNIS Tangerang akan terealisasi. Sebagai gambaran, Indonesia menjadi konsumen produk halal urutan pertama di dunia, karena jumlah penduduk muslimnya terbesar di dunia. Sedangkan produsen produk halal terbesar adalah Brasil, meskipun negara tersebut bukan mayoritas muslim.  

Rencananya, nota kesepahaman akan dilakukan dalam waktu cepat. "Paling cepat bulan depan UMM akan ke kampus kami," ujarnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.