Sukses

Jalan Sudirman Macet Akibat Penutupan Jalan Saat HUT DKI Jakarta

Arus kendaraan dialihkan ke kiri sebelum Patung Sudirman, dengan jalur alternatif yang bisa diakses pengendara menuju Tanah Abang atau Manggarai.

Liputan6.com, Jakarta - Ruas jalur Sudirman dari Istora Senayan mengarah Bundaran Hotel Indonesia Jakarta mengalami kemacetan sekitar satu kilometer akibat penutupan jalan, sementara arah sebaliknya terpantau lengang.

Ruas jalan dari Sudirman sampai Bundaran HI ditutup sementara dari pukul 15.00-24.00 WIB atau selama peringatan HUT Ke-492 DKI Jakarta yang digelar di Bundaran HI.

"Saya butuh sekitar 15 menit dari arah koridor Transjakarta Setia Budi sampai ke Dukuh Atas Sudirman," kata salah seorang pengendara motor, Ari (27), di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (22/6/2019) malam.

Arus kendaraan dialihkan ke kiri sebelum Patung Sudirman, dengan jalur alternatif yang bisa diakses pengendara menuju Tanah Abang atau Manggarai.

Tidak hanya jalur kendaraan bermotor, Stasiun KRL Sudirman pun juga padat penumpang. Banyak masyarakat yang datang ke sekitar jalan Sudirman menikmati akhir pekan.

"Mumpung hari ini ada penutupan jalan, HUT DKI Jakarta dan libur juga, kami ke sini. Kalau naik kendaraan sendiri macet, Transjakarta dialihkan rutenya, jadi pakai KRL yang paling enak," ujar salah seorang penumpang, Lina Oktavia.

Suasana di sepanjang Jalan Sudirman yang ditutup dipadati warga yang memanfaatkan akhir pekan, situasinya serupa saat kegiatan car free day (CFD) atau hari tanpa kendaraan.

Sebagian masyarakat, jalan bersama keluarga dan karib menikmati suasana malam pada HUT Jakarta, sebagian lagi memanfaatkannya untuk berolahraga sepeda.

Di trotoar jalan terdapat banyak lapak jualan mulai dari mainan anak, kuliner sampai berbagai aksesoris seperti topi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.