Sukses

Banjir Setinggi 2 Meter Rendam Kabupaten Sidrap

Liputan6.com, Sidrap - Kondisi ratusan rumah warga yang terendam banjir hingga 2 meter di Kelurahan Wette'e, Kecamatan Panca Lautan, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, terlihat hanya tinggal atap.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (12/6/2019), banjir di wilayah ini akibat adanya pendangkalan Danau Tempe sehingga air meluap ke permukiman warga saat hujan deras melanda.

Warga pun terpaksa beraktvitas dengan menerbos banjir dan menggunakan perahu. Namun, warga enggan mengungsi karena telah terbiasa dengan kondisi ini.

"Biasanya sudah tiga hari tidak hujan, air masih seperti ini. Kalau sudah seminggu tidak hujan, baru banjir ini surut," kata Lurah Wette'e M Ridwan.

Sementara itu Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, para pengungsi korban banjir mulai mengeluh menderita berbagai penyakit seperti diare hingga gatal-gatal. Mereka pun masih kekurangan sejumlah kebutuhan seperti selimut dan alas tikar untuk tempat tidur.

Selain banyaknya warga yang masih mengungsi, hingga kini RSUD Kabupaten Konawe Utara masih merawat 27 pasien yang terserang penyakit dampak dari banjir yang merendam rumah mereka. (Rio Audhitama Sihombing)