Sukses

Kepadatan Arus Balik Jalur Puncak Bogor Berakhir Minggu Pagi

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri menyebut, puncak arus mudik dan wisata telah terjadi sejak Sabtu 8 Juni sore hingga Minggu (9/6/2019) dini hari.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak arus balik mudik dan wisata Lebaran 2019 di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat sudah lewat.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri menyebut, puncak arus mudik dan wisata telah terjadi sejak Sabtu 8 Juni sore hingga Minggu (9/6/2019) dini hari.

Saat itu, terjadi peningkatan volume kendaraan yang sangat signifikan dari arah Puncak dan Cianjur menuju Jakarta dibanding hari sebelumnya. Kondisi ini menyebabkan kepadatan lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Puncak.

Peningkatan volume kendaraan ini membuat kepolisian memberlakukan one way dari arah Cianjur menuju Jakarta lebih lama yakni selama 11 jam, mulai Sabtu pukul 15.00 WIB hingga Minggu pukul 02.00 dini hari tadi.

"Semalam itu arus kendaraan dari arah Cianjur gak habis-habis. Jalur Puncak baru lancar sekitar pukul 02.00 WIB pagi," kata Fadli.

Tak hanya arus balik, peningkatan kunjungan wisata ke kawasan Puncak dan Cianjur pun diperkirakan sudah terjadi pada hari Jumat dan puncaknya berlangsung Sabtu kemarin.

Selama tiga hari terakhir itu, kerap terjadi antrean kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak di exit tol Ciawi hingga simpang Gadog. Bahkan, tingginya volume kendaraan menyebabkan sepanjang ruas Jalan Raya Puncak dipadati kendaraan baik roda dua maupun empat.

"Selama 3 hari setelah hari raya Lebaran kendaraan dari Jakarta mengarah Puncak dan Cianjur sangat padat. Hari ini terpantau cenderung ramai lancar," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Liburan Berakhir

Berkurangnya volume kendaraan di jalur Puncak disebabkan momen libur panjang bagi sejumlah warga khusus aparatur pegawai sipil negara (ASN) dan pegawai swasta lainnya mulai berakhir Senin 10 Juni besok.

Namun demikian, untuk mengantisipasi kemacetan, Satlantas Polres Bogor tetap memberlakukan satu arah atau one way secara berkala.

"Tadi pagi kita berlakukan one way ke arah Puncak. Selepas itu diberlakukan normal kedua arah, dan untuk antisipasi lonjakan arus balik, sore ini diberlakukan one way dari arah Puncak menuju Jakarta," terang Fadli. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini