Sukses

Serunya Libur Lebaran ala Jokowi dan Jan Ethes

Keseharian Presiden Jokowi bersama cucu pertamanya, Jan Ethes selalu menarik perhatian publik.

Liputan6.com, Jakarta - Keseharian Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama cucu pertamanya, Jan Ethes selalu menarik perhatian publik. Tak terkecuali saat mengisi Libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah atau 2019 Masehi.

Jokowi dan keluarga memilih Yogyakarta sebagai tempat mengisi libur Lebaran 2019. Meski datang bersama anggota keluarga yang lain, keakraban Jokowi dengan Jan Ethes selalu menjadi fokus tersendiri bagi publik.

Di kota yang kaya tempat wisata itu, Jokowi mengajak Jan Ethes dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep naik andong di Jalan Malioboro, Kamis 6 Juni malam.

Jokowi menaiki andong menuju Istana Kepresidenan Gedung Agung seusai membawa cucunya menyambangi Mal Malioboro. Di Mal Malioboro, Yogyakarta, Jokowi mengajak Jan Ethes bermain dan membeli tiga buah mainan.

Setelah sekitar 30 menit menghabiskan waktu di Mal Malioboro, tiga andong menjemput Jokowi dan rombongan.

Warga Yogyakarta serta wisatawan histeris meneriakkan nama Jokowi. Mereka berebut mengabadikan gambar dengan gawai saat mengetahui orang nomor satu di Indonesia itu menaiki andong.

Kusir Andong, Tri Wahyono (43) tidak menyangka akan membawa Presiden Jokowi, Jan Ethes, dan Kaesang. Ia mengaku diminta Paspampres menyiapkan andongnya secara tiba-tiba saat mangkal di depan Mal Malioboro.

"Tadi spontanitas, tidak menyangka mau membawa RI 1. Yang gerogi kusirnya, kalau andongnya tidak," kata Tri sembari terkekeh saat ditemui awak media.

Ia mengaku diminta Paspampres untuk tidak banyak mengajak bicara Sang Presiden. Tri mengaku hanya menjawab pertanyaan Presiden Jokowi mengenai jumlah andong di Yogyakarta.

Ditanya mengenai besaran upah sewa andong yang diberikan Jokowi, Tri mengaku sungkan untuk menjawab. "Tadi dapat kaus dari Pak Jokowi sama angpau. (Besaran upah) kurang tahu, rahasia itu mas," kata Tri yang mengenakan blangkon dan pakaian surjan berwarna biru.

Momen keseruan naik andong bersama putra bungsu dan cucu pertama diabadikan Jokowi di akun Instagramnya @jokowi. Dalam postingan itu, ia menyanjung Kota Yogyakarta yang menawarkan banyak tempat asyik.

“Mau ke mana? Kota ini menawarkan banyak tempat yang asyik. Semalam, kami ke Jalan Malioboro, ikon wisata kota ini. Kami ke mal, mencobai beberapa wahana permainan anak, lalu pulang ke Gedung Agung dengan andong wisata,” tulis Jokowi.

Aksi Jokowi momong cucu dan dua anaknya saat jalan-jalan ke mal di kawasan Malioboro juga menarik perhatian publik.

Kehadiran Jokowi dan Jan Ethes tentunya menarik perhatian pengunjung di pusat perbelanjaan yang berada di pusat Kota Yogyakarta ini.

Jokowi sempat mengajak Jan Ethes bermain di wahana permainan. Tiga buah mobil-mobilan pun dibeli untuk cucu kesayangannya.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu Hamengku Buwono X dan Keluarga

Presiden Jokowi bersama istri, anak, dan cucunya menyempatkan menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Ngayogya Hadiningrat di sela-sela libur lebarannya, Jumat 7 Juni 2019.

Seperti dilansir dari Antara, Jokowi tiba di Keben Keraton Yogyakarta sekitar pukul 10.40 WIB. Ia dan keluarga tampak menumpang mobil Mercy bernomor polisi B 1060 RFS.

Memasuki regol atau pintu gerbang Keben, Jokowi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang disambut empat puteri Sultan HB X yakni GKR Condrokirono, GKR Hayu, GKR Maduretno, dan GKR Mangkubumi.

Selanjutnya, Sultan HB X bersama istrinya GKR Hemas dan puteri bungsunya GKR Bendoro menyambut Jokowi di Regol Srimanganti atau pintu gerbang tengah Keraton.

Pertemuan antara Sultan HB X, Presiden Jokowi, dan Iriana Joko Widodo berlangsung di Gedong Jane yang berada di kompleks utama Keraton Ngayogyakarta. Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup.

"Pertemuan berlangsung tertutup sekitar 30 menit," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah DIY Aditya Nanaryo Aji.

Jan Ethes selama ini memang cukup populer di kalangan warganet karena tingkah lakunya yang menggemaskan. Ternyata tak cuma warganet, Sri Sultan Hamengku Buwono X juga ikut gemas terhadap cucu pertama Jokowi ini.

Saat rombongan Presiden baru datang misalnya, Sri Sultan bersalaman dengan Jan Ethes sambil tersenyum lebar, dan menanyakan nama cucu Jokowi tersebut.

Sementara saat rombongan Presiden hendak pulang, Sri Sultan kembali mengajak Jan Ethes bercanda. "Ini tak tinggal di sini?" tutur Sultan.

Jan Ethes tak menjawab perkataan Sultan, dan memilih kembali menempel bersama sang kakek. Presiden Jokowi kemudian mewakili cucunya menjawab pertanyaan ini. "Nggih...," kata Jokowi seraya tertawa.

Jokowi bersama Jan Ethes, Gibran dan Kaesang kemudian menyempatkan diri salat Jumat di Masjid Syuhada sebelum kembali ke Gedung Agung dengan naik andong. Masjid Syuhada merupakan tempat ibadah bersejarah di Kotabaru, Yogyakarta.

3 dari 3 halaman

Borong Batik di Pasar Beringharjo

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi Pasar Beringharjo Yogyakarta, Sabtu 8 Juni 2019. Jokowi juga mengajak serta anggota keluarganya, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, menantunya Selvi Ananda, serta cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, Jokowi berjalan kaki dari Gedung Agung menuju Pasar Beringharjo, Yogyakarta pada pukul 11.00 WIB.

Mantan Wali Kota Solo itu langsung disambut masyarakat begitu keluar dari halaman Gedung Agung. Warga pun berebut berswafoto dengan Jokowi dan juga keluarga.

Jokowi kemudian menuju deretan kios yang menjual pakaian batik di los utara pasar. Jokowi membantu Iriana memilih beberapa potong pakaian batik.

"Presiden memilih kemeja batik coklat ukuran anak-anak lalu mencocokannya dengan ukuran badan Jan Ethes. Ibu Iriana membelikan batik untuk cucu perempuannya Sedah Mirah Nasution," ujar Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Usai berbelanja batik, Jokowi keluar dari pasar. Dia kembali melayani permintaan masyarakat untuk bersalaman dan berswafoto.

Sekitar pukul 11.41 WIB, Jokowi dan keluarga meninggalkan Pasar Beringharjo dan langsung melanjutkan perjalanan menuju Solo.

Antusiasme warga tidak hanya terlihat saat Jokowi dan keluarga berbelanja batik di Pasar Beringharjo. Antusiasme warga juga terlihat saat mereka tahu Jokowi dan keluarga akan menginap di Gedung Agung Yogyakarta, Kamis 6 Juni 2019 sore.

Warga berkerumun di sejumlah titik di tepi Jalan Malioboro sejak pukul 15.00 WIB. Salah satunya di seberang pintu gerbang Gedung Agung. Apalagi Jokowi saat itu rencananya akan membagikan ribuan sembako dan kaos.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.