Sukses

AMSI Imbau Warga Konsumsi Berita dari Sumber Terpercaya

Liputan6.com, Jakarta - Banjir informasi setelah pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 beredar di mana-mana. Di akun media sosial maupun di aplikasi obrolan. Tak sadar, informasi yang benar maupun hoaks pun menjadi tidak jelas.

Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wens Manggut mengimbau agar masyarakat hanya mengonsumsi informasi dari sumber yang terpercaya saja. Dengan begitu, berita yang diterima pun sudah jelas kebenarannya. 

"Ketika ragu apakah sebuah berita benar atau tidak, hoaks atau bukan, kembalilah kepada sumber berita yang bisa dipercaya yaitu media massa," ujarnya kepada Liputan6.com.

Menurutnya, media massa memiliki wartawan yang profesional dalam menulis berita, tapi juga memiliki standar dan prosedur yang baku dalam menelusuri kebenaran sebuah informasi sebelum dipublikasikan.

"AMSI juga menghimbau kepada media massa, agar disiplin dalam melakukan verifikasi sebelum mempublikasi informasi yang beredar," ungkapnya.

Tak hanya masyarakat, AMSI juga menghimbau agar media massa tidak ikut menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya, hoaks, dan bersama publik ikut menjaga keadaban bersama.(Fairuz Fildzah)

 

 

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Polda Jabar Tepis Kabar Tewasnya Polisi yang Terbakar Saat Kawal Demo di Cianjur
Artikel Selanjutnya
Hoaks, Jagal Ditendang Sapi Hingga Meninggal di Cengkareng