Sukses

Sukses di 2 Pemilu, Nasdem Siap Gelar Konvensi Capres 2024

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasdem Bidang Media dan Komunikasi Publik, Charles Meikyansah mengatakan, partainya tengah mempersiapkan diri menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Charles menuturkan, Partai Nasdem sebagai agregasi kepentingan publik berupaya menghasilkan kader-kader terbaik untuk menjadi penerus estafet kepemimpinan bangsa melalui konvensi calon presiden.

"Partai harus membuka diri untuk seluruh lapisan masyarakat. Konvensi calon presiden 2024 menjadi manifestasi politik restorasi ke depan. Konvensi memberikan kemungkinan seluruh anak bangsa menentukan jalannya republik," kata Charles dalam keterangan tertulis, Selasa (12/11/2019).

Sejauh ini, kata Charles, Partai Nasdem sudah berada di jalur yang benar. Sebagai parpol baru, Nasdem mampu melewati dua Pemilu yakni 2014 dan 2019 dengan hasil yang sangat memuaskan.

Pada 2014 lalu, Partai Nasdem lolos dari parliementary threshold dengan raihan 8.402.812 suara (6,72 persen). Capaian ini menandai NasDem sebagai partai baru dengan perolehan suara terbesar.  

Sedangkan pada 2019 lalu, Partai Nasdem mendapatkan 12.661.792 suara atau 9,05 persen meningkat sekitar 2,33 persen dari pemilu sebelumnya. Torehan ini sangat memukau mengingat pada Pemilu 2019 sebagaian besar partai politik mengalami stagnasi dan penurunan perolehan suara.

"Tentu torahan yang memukau pada 2014 dan 2019 bukanlah akhir dari perjalanan partai mewujudkan cita-cita. Di tengah dua momen penting partai yaitu kongres dan ulang tahun, diskursus gerakan restorasi harus dihadirkan," ucap anggota Komisi VII DPR itu.

 

2 dari 3 halaman

Terbuka Usung Capres dari Luar Nasdem

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh menyatakan, pihaknya terbuka mengusung calon presiden dari eksternal di Pemilu 2024.

"Jadi Nasdem pagi-pagi hari harus mengatakan, dia harus tahu diri ketika kader yang dimiliki dengan seluruh daya upaya, doa, harapan dan proses pengkaderan dilalui tapi kapasitas yang dimiliki belum sesuai dengan aspirasi dan harapan masyarakat, beri kesempatan kepada siapapun yang di luar partai," ucap Surya di Jakarta, seperti dikutip Antara, Minggu 10 November 2019.

Surya Paloh mengatakan Nasdem harus memberi ruang kepada semua anak bangsa dengan potensi unggul untuk tampil dalam kontestasi pemilu, tanpa membatasi hanya pada satu dua calon saja.

Menurut dia, semakin banyak pilihan akan menghadirkan alternatif calon dari berbagai latar belakang untuk kemudian dicari tokoh terbaik untuk diusung pada pemilu 2024.

"Pilihannya colorful lho, pelangi, beraneka ragam warna. Nah dengan semakin banyaknya pilihan dan ragam alternatif, saya pikir mudah-mudahan dari pilihan itu kita cari yang terbaik dari yang baik. Nasdem berupaya menuju ke arah sana," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: