Sukses

Viral Tingkah Penumpang MRT, Anies Baswedan: Itu Normal

Dalam proses perkembangan era teknologi, tampilnya berbagai sikap masyarakat dalam menghadapinya memang selalu beragam dan hal itu terbilang normal.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat dapat bijaksana dalam menilai tingkah para penumpang MRT yang belakangan viral di social media. Dalam proses perkembangan era teknologi, tampilnya berbagai sikap masyarakat dalam menghadapinya memang selalu beragam dan hal itu terbilang normal.

"Ini ada proses pembelajarannya, mari kita lakukan sama-sama proses pembelajaran itu. Kita-kita dulu waktu pertama kali naik pesawat juga lucu kok, pertama kali naik kereta juga lucu. Ini pertama kali ada stasiun bawah tanah, jadi saya merasa ini suatu proses yang normal," kata Anies di kantor Wali Kota, Jakarta Barat, Selasa (26/3/2019).

Menurut Anies, akan lebih baik masyarakat menjaga kebersamaan tanpa ada bentuk merendahkan, menghina, ataupun mengejek tingkah penumpang MRT Jakarta yang dinilai kontroversial. Kembali lagi, dia menekankan adanya bagian dari proses pembelajaran.

"Kita semua mengalami proses pembelajaran. Tidak semua orang pernah naik kendaraan apa pun. Ada yang baru naik pesawat pertama kali juga ada di bangsa kita ini," jelas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembiasaan Aturan MRT Jakarta

Pada akhirnya, keberadaan MRT Jakarta akan membawa pola pembiasaan terhadap pengguna moda transportasi tersebut lewat keberadaan tata tertib dan aturan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kemudian mengimbau seluruh masyarakat dapat melewati proses itu dengan turut menyebarkan informasi positif tanpa harus menyebarluaskan foto-foto bernada negatif.

"Sama sekali jangan pernah direndahkan. Justru kalau melihat seperti itu, yuk kita beritahu caranya. Saya miris betul melihat difoto, diejek, diviralkan, dengan wajah yang ada di situ, tak baik itu," Anies menandaskan.

Sebelumnya, setelah diuji cobakan kepada masyarakat sejak 12 Maret lalu, berbagai respons ditunjukkan melalui potret penumpang MRT. Respons positif ditunjukkan oleh beberapa orang yang membagikan kesan pertama menaiki MRT berupa kenyamanan yang ditawarkan MRT melalui akun media sosial mereka.

Namun, bukan berarti seluruh lapisan masyarakat mampu memanfaaatkan fasilitas uji coba MRT dari pemerintah. Pasalnya, banyak ditemukan penumpang MRT yang bergelantungan di dalam kereta.

Bahkan, tidak sedikit yang berpose menginjak kursi kereta hanya demi sebuah foto. Selain itu ada sejumlah penumpang yang menikmati makan secara lesehan di stasiun MRT Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.