Sukses

Persiapan Tim Aerobatik Jupiter TNI AU Hadapi Laga di Malaysia

Fokus, Yogyakarta - Tim Aerobatik Jupiter milik TNI Angkatan Udara saat ini sudah menjadi ikon atau kebanggaan. Tidak hanya bagi TNI AU semata, tapi juga bangsa Indonesia.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (20/3/2019), rencananya, Tim Akrobatik buatan tahun 1996 ini akan unjuk kebolehan di lima Air Show tanggal 26 Maret 2019 yang berlangsung di Langkawi, Malaysia.

"Kami sudah mulai berlatih dari bulan Januari, baik dari penerbangan kemudian pesawat juga kami siapkan dengan kerja sama dengan para teknisi," kata Komandan Pilot Jet Letkol PNB Marcellinus.

Persiapan akhir tim ini di Landasan Udara Adi Sucipto, Yogyakarta, pada Selasa siang, disaksikan Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Menurut Yuyu, penampilan tim ini di luar negeri memiliki arti penting bagi citra bangsa Indonesia, terutama menyangkut kekuatan alutsista yang dimiliki.

"Ini adalah secara tidak langsung kita menampilkan kemampuan angkatan udara," ucap Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Tidak semua negara memiliki tim akrobatik udara karena sifatnya yang unik. Semua anggota Tim Jupiter Akrobatik adalah instruktur terbang. Tim ini pertama kali tampil di hadapan umum tahun 2008 di Yogyakarta.