Sukses

Bamsoet: Petani Bisa 'Membangunkan' Lahan Tidur

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyerahkan bantuan kepada 50 kelompok petani di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (01/03/2019). Bantuan tersebut berupa 11.025 kilogram benih jagung.

Target produksi jagung nasional tahun 201 mencapai 23,25 juta ton dengan prediksi konsumsi nasional sebesar 23,25 juta ton jagung. Harapannya, Indonesia bisa mendapatkan suplus produksi jagung sebanyak 6,68 juta ton.

Bamsoet berharap, para petani Kebumen bisa memanfaatkan lahan subur di bumi pertiwi dengan sebaik-baiknya sehingga target itu bisa tercapai. Petani tak boleh menyia-nyiakan lahan subur Tanah Air.

"Semboyan 'Bhumitirta Praja Mukti' yang melekat pada Kabupaten Kebumen punya pesan mendalam bahwa tanah dan air untuk kesejahteraan bangsa dan rakyat. Suburnya alam yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa tidak boleh kita siakan menjadi lahan tidur," ucapnya.

Dia pun mengajak petani tak menghiraukan musim kemarau beberapa waktu mendatang. Bamsoet optimis para petani bisa menghadapi kondisi ini dengan tetap menggarap produksi jagung nasional.

"Walaupun kondisi panas terik dan musim kemarau, petani bisa 'membangunkan' lahan tidur usai panen padi dengan menanam jagung," ujarnya menandasi.

 

2 dari 2 halaman

Imbau Tak Percaya Mitos

Kepala Badan Bela Negara itu mengimbau para petani tak mempercayai mitos bahwa lahan yang ditanami jagung akan tandus atau cengkar. Selama bercocok tanam dengan benar, kata Bamsoet, penanaman jagung tidak akan merusak lahan.

"DPR RI selalu meminta pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian agar selain memberikan bantuan fisik berupa benih, pupuk dan irigasi, juga memberikan bantuan non fisik berupa pembinaan ilmu kepada para petani. Kehadiran 31.500 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) tersebar di berbagai desa, yang akan ditingkatkan secara bertahap menjadi 74.000, diharapkan bisa membina petani menjadi lebih baik lagi. Terutama dalam memanfaatkan lahan tidur," Bamsoet memungkasi.

 

 

Reporter: Rifqi Aufal Sutisna

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketua DPR Maklumi Banyak Anggota Belum Buat LHKPN ke KPK
Artikel Selanjutnya
Pengumuman Calon Hakim MK Ditunda, Bamsoet Panggil Pimpinan Komisi III