Sukses

Hasil Labfor Belum Kelar, Gelar Perkara Kebakaran Kapal di Muara Baru Ditunda

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polres Tanjung Priok hingga kini belum melakukan gelar perkara kebakaran kapal di Dermaga Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, yang terjadi pada Sabtu, 23 Februari 2019 lalu. Sebab, penyidik masih menunggu hasil dari laboratorium forensik (labfor).

"Kebakaran kapal di Pelabuhan Tanjung Priok di Muara Baru. Kemarin kami sampaikan bahwa akan dilaksanakan gelar perkara, (namun) ada satu dari labfor belum selesai pemeriksaannya, jadi untuk gelar perkara ditunda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

"Artinya bahwa dari labfor belum ada surat resmi yang hasilnya diterima oleh penyidik dari Polres Tanjung Priok," sambung Argo.

Nantinya, jika hasil labfor sudah keluar baru akan dilakukan gelar perkara kebakaran kapal. Hasil labfor ini, kata Argo, akan disesuaikan dengan keterangan saksi-saksi dan ahli.

"Kemudian ada beberapa pemeriksaan regulator-regulator yang nanti dikaitkan dengan kejadian yang ada di lapangan," ujarnya.

Diharapkan, lanjutnya, akan diketahui apakah ada tersangka atau tidak dalam insiden yang menghanguskan puluhan kapal itu.

"Ya tentunya mekanisme di sana kan ada ya, apakah nanti ada dari fakta-fakta di lapangan ada tersangka atau tidak," pungkas Argo.

2 dari 3 halaman

34 Kapal Terbakar

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priuk, Ajun Komisari Besar Polisi (AKBP) Reynold Elisa Hutagalung mendata jumlah kapal yang terbakar di dermaga Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara,

"Berdasarkan pengecekan langsung ada 34 kapal yang terbakar. Itu termasuk dengan jumlah bangkai kapal yang tersisa," kata Reynold saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (24/2/2019).

Reynold menjelaskan, kebakaran terjadi Sabtu 23 Februari 2019 sekira pukul 15.16 WIB. Api bersumber dari sebuah Kapal Motor Artamina Jaya.

"Sebelum kejadian, ada orang yang ngelas di kapal tersebut. Dugaan awal itu pemicunya," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebelum Kebakaran Muara Baru, Menteri Susi Sudah Beri Peringatan
Artikel Selanjutnya
Menteri Susi: Kapal Terbakar di Muara Baru Bukan Milik Nelayan