Sukses

Kulineran di Hiroshima, Wajib Cicip Okonomiyaki dan Lezatnya Tiram

Di kedai bernama Yotchan yang didatangi, pengunjung bisa duduk di depan alat penggorengan datar sambil menyaksikan proses pembuatan okonomiyaki hingga matang.

Liputan6.com, Jakarta - Pelesir ke Prefektur Hiroshima, Jepang tak lengkap rasanya bila tidak mencicipi makanan khasnya. Prefektur yang familiar dengan monumen perdamaian bom atom ini memiliki makanan khas yang patut dicoba.

Liputan.com saat mengikuti media trip bersama Japan Airlines dan Japan National Tourism Organization (JNTO) menyambangi kedai okonomoyaki yang berada di dekat Stasiun Hiroshima.

Okonomiyaki sebenarnya makanan yang banyak ditemui di Jepang. Namun, okonomiyaki di Hiroshima memiliki ciri khas dibanding okonomiyaki dari prefektur lainnya.

Kedai okonomiyaki di Hiroshima, Jepang (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

"Salah satu yang khas adalah ada adonan mirip crepes yang tipis saat diolah. Ini bedanya okonomiyaki di sini dengan Osaka," ujar pemandu tur kami, Fumio Ito.

Di kedai bernama Yotchan yang didatangi, pengunjung bisa duduk di depan alat penggorengan datar sambil menyaksikan proses pembuatan okonomiyaki hingga matang.

Memasak okonomiyaki khas Hiroshima, Jepang (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Okonomiyaki gaya Hiroshima ini disebut sebut sangat sehat karena banyak mengandung kol. Okonomiyaki ini juga biasanya memiliki lapisan bersusun.

Bahan bahan okonomiyaki antara lain mi, kol, telur, udang, cumi, daging ayam, hingga lainnya. Tambahan terakhir yang biasa diitaburkan ke okonommiyaki adalah potongan daun bawang dan kimchi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiram Laut Pedalaman

Makanan lain yang patut dicoba di Hiroshima adalah tiram. Musim dingin menjadi waktu yang paling tepat menikmati hidangan laut ini.

Tiram-tiram tersebut dibudidayakan di laut pedalaman Seto. Musim tiram dimulai dari November sampai Maret.

Makanan dengan lauk tiram di Hiroshima. (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

"Februari ini, tiram yang dipanen besar dibandingkan musim lain," kata Fumio Ito.

Ada beragam cara menyantap tiram di Hiroshima. Di antaranya, tiram yang baru dipanen dimakan mentah dari cangkangnya dan ditambahkan perasan lemon.

Tiram sedang dibakar di kawasan Miyajima, Hiroshima (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Cara berikutnya, tiram masih dengan cangkangnya dibakar di atas pemanggang. Selanjutnya digoreng dengan tepung sampai renyah, namun di dalamnya masih berair.

"Tiram di Hiroshima lezat," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.