Sukses

Deklarasi Laut Bersih, Istri Kapolri Angkat Sampah

Dia mengimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Wanita Selam Indonesia (Wasi) yang juga istri Kapolri Tito Karnavian, Tri Suswati ikut meramaikan deklarasi laut bersih di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (23/2/2019). 

Didampingi Ketua Bhayangkari Sulut Nunuk Sigid dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Tri berbaur bersama masyarakat ikut membersihkan kawasan pantai Mega Mas Manado. Dia tak segan mengangkat sampah untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir di Sumompo Manado.

"Saya sangat prihatin karena Manado sangat indah dengan destinasi wisata selam yang terkenal di dunia, terancam kerusakannya oleh sampah-sampah plastik yang ada," ucapnya.

Tri Suswati mengimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

"Mudahah-mudahan dengan kegiatan ini semua menyadari tanggung jawab sampah adalah tanggung jawab kita semua," tandasnya.

Aksi bersih-bersih dilakukan serentak di 5 lokasi di Manado, yaitu di muara Sungai Malalayang, muara Sungai Sario, muara Sungai Bahu, muara Kali Jengki dan Pulau Bunaken.

Peserta yang ikut aksi bersih-bersih sebanyak 5.000 orang, di antaranya hadir dari personel Polri dan Bhayangkari.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel bersama dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2019, yang dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.