Sukses

Profil Mien Uno yang Bela Putranya soal Tudingan Sandiaga Bersandiwara

Liputan6.com, Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno atau biasa dikenal dengan nama Sandiaga Uno adalah calon wakil presiden (cawapres) nomer urut 02 yang mendapingi calon presiden (capres) Prabowo Subianto. Ia dikenal sebagai politisi muda yang energik. Di dunia bisnis ia juga pengusaha sukses di usia muda. 

Di balik kesusksesan cawapres nomer urut 02 Sandiaga Uno, ada peran besar dan doa sang ibu. Dia adalah Rachmini Rachman Uno atau yang lebih dikenal Mien R Uno. Sandiaga Uno dikenal sangat dekat dengan sang ibu.

Mien Uno adalah wanita paling indah yang pernah ada. Baru-baru ini nama Mien Uno menjadi hangat dibicarakan karena pembelaan terhadap sang anak. Akhir-akhir ini ramai istilah 'sandiwara uno' oleh sejumlah warganet. Sang ibu pun sempat geram dengan sebutan tersebut bagi anaknya.

2 dari 5 halaman

Mien Uno saat muda.

Mien Uno atau biasa disapa dengan Bu Mien adalah sosok ibu yang sayang keluarga.  Mien Uno yang memiliki nama lengkap Rachmini Rachman Uno lahir di Indramayu, 23 Mei 1941. Ia memang dikenal seorang pakar etiket dan pengembangan diri.

Mien Uno sudah terjun ke dunia pendidikan sejak masih muda, dan memiliki mimpi sebagai guru. Hal itu lantaran ia terlahir di tengah keluarga pendidik. Namun, profesi guru tak langsung ia ambil usai lulus kuliah. Pasalnya, saat itu ia lebih memilih mendampingi sang suami yang bekerja di sebuah perusahaan energi di Riau.

3 dari 5 halaman

Karier dan kiprah Mien Uno

Mien Uno memiliki dua putra yaitu Indra Cahya Uno dan Sandiaga Uno. Mien Uno menjadi guru setelah memutuskan pindah ke Jakarta pada 1973. Saat itu Mien Uno berusia 32 tahun, awal ketika ia mulai belajar dan mengajar di Martha Tilaar Beauty Gallery. Di tempat itu pula, Mien Uno kemudian dipercaya mengasuh acara "Dunia Wanita" di TVRI.

Kiprahnya di dunia pendidikan membuat Mien memperoleh beragam penghargaan, di antaranya Recognition of Excellence 1987, The Most Outstanding Performance 1988, Public Figure 1990, Top Executive Indonesia 1992–1993.

Selain itu juga penghargaan Citra Wanita Pembangunan Indonesia 1994, Indonesian Woman of The Year 1995, Citra Abadi Pembangunan Nasional 1996, Globe Asia 99, Most Powerful Women dan Permata Pertiwi 2008.

Tak hanya itu, namanya bahkan sempat terdaftar sebagai 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Globe Asia Oktober 2007.

4 dari 5 halaman

Pembelaan Mien Uno Terhadap Sang Anak

Akhir-akhir ini sedang santer terdengar berita minta maaf Sandiaga Uno kepada sang ibu. Ibunda Sandiaga Uno, Mien Uno merasa sakit hati dengan istilah 'Sandiwara Uno' dan meminta pihak penuding meminta maaf.

Mien Rachman Uno atau yang lebih dikenal dengan Mien Uno membuka suara dan beri pembelaan kepada sang putra Sandiaga Uno terkait dengan Sandiwara Uno.

Mien merasa sakit hati dengan fitnah yang dilayangkan kepada Sandiaga. Apalagi, terkait narasi 'Sandiwara Uno' yang dianggapnya sebagai sesuatu yang mustahil dilakukan Sandiaga.

"Jadi kalau ada yang mengatakan 'Sandiwara Uno' itu adalah sesuatu yang mungkin dia (Sandi) tidak apa-apa, tapi yang sakit hati itu ibunya," ujar Mien Uno dalam sebuah diskusi di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya I No 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, seperti diikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Rabu (13/2/2019).

5 dari 5 halaman

Reaksi Mien Uno dinilai wajar

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menilai, reaksi Mien Uno itu sesungguhnya tidak menunjukkan kemarahan. Hanya sebagai bentuk kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.

"Saya kira Ibu Mien enggak marah, namanya ibu sayang sama anak itu kan wajar. Enggak marah lah," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, wajar jika Mien Uno angkat suara menanggapi tudingan 'Sandiwara Uno' yang dialamatkan ke anaknya. Itu adalah naluri seorang ibu. 

"Lah gimana orang ibu punya anak. Itu saja ya komentarnya," ucapnya.

Sebelumnya, Mien Uno menegaskan bahwa selalu mendidik anaknya dengan benar. Dia selalu mendidik Sandiaga Uno dengan nilai integritas, kejujuran, dan etika menghormati orang lain.

Karena itu, Mien tidak heran dengan sikap anaknya yang tidak pernah membalas setiap fitnah atau kabar negatif yang dialamatkan kepada Sandiaga Uno di masa pilpres saat ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sandiaga Uno Akan Kembali Gabung dengan Gerindra?
Artikel Selanjutnya
Cerita Sandiaga Uno yang Ketagihan Makan Durian