Sukses

Selain Kabareskrim, Kapolri Juga Ganti Dankor Brimob dan 5 Kapolda

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian merotasi jabatan Kabareskrim. Selain itu, dia mengganti Komandan Korps (Dankor) Brimob dan lima kapolda yang ada di bawahnya.

Hal itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/188/I/KEP./2019 yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Eko Indra Heri pada tanggal 22 Januari 2019. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal membenarkan mutasi tersebut.

"Mutasi hal yang biasa dalam organisasi Polri sebagai tour of duty personel Polri. Juga sebagai penyegaran, sehingga Polri semakin kuat dan optimal dalam perlindungan dan pengayoman serta penegakan hukum," ujar Iqbal, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Ilham Salahudin ditunjuk sebagai Komandan Korps Brimob Polri. Dia menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi yang ditarik ke Mabes Polri menjadi Asops Kapolri.

Sementara lima kapolda yang diganti antara lain, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang diangkat menjadi Kabareskrim Polri. Jabatan Kapolda Metro Jaya nantinya akan diisi oleh Irjen Gatot Eddy Pramono yang saat ini masih menjabat sebagai Asrena Kapolri.

Pati Densus 88 Antiteror Polri Irjen Hamidin ditunjuk sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Dia menggantikan Irjen Umar Septono yang dimutasi menjadi Wairwasum Polri.

Selanjutnya, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Supratman diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Bengkulu. Dia menggantikan Brigjen Coki Manurung yang dimutasi menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Karopsi SSDM Polri Brigjen Suroto ditunjuk sebagai Kapolda Maluku Utara. Dia menggantikan posisi Brigjen M Naufal Yahya yang dimutasi menjadi Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri.

Kemudian Wakapolda Kalimantan Timur Brigjen Lukman Wahyu Harianto diangkat menjadi Kapolda Sulawesi Tengah. Dia menggantikan Brigjen Ermi Widyatno yang dipindah menjadi Karobinopsnal Baharkam Polri.

2 dari 3 halaman

Rotasi Lainnya

Selain kapolda, Tito juga mengganti sejumlah jabatan wakapolda di bawahnya. Antara lain, Wakapolda Jabar yang akan diisi Brigjen Akhmad Wiyagus yang saat ini masih menjabat sebagai Wakapolda Maluku.

Sedangkan posisi Wakapolda Maluku akan diisi Kombes Teguh Sarwono yang saat ini menjabat Kabagrendafung Rorenmin Itwasum Polri.

Urut kacang, jabatan Kabagrendafung Rorenmin Itwasum Polri akan diisi Kombes Lukas Arry Dwiko Utomo yang saat ini masih menjabat Wakapolda Maluku Utara. Sementara jabatan Wakapolda Maluku Utara yang ditinggalkan akan diisi Kombes Lukas Akbar Abriari yang kini masih menjabat Wadirtipidter Bareskrim Polri.

Wakapolda Sulawesi Tenggara Kombes Winarto dimutasi menjadi Kabagjarlat Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Jabatan Wakapolda Sulawesi Tenggara akan diisi Kombes Rosyanto Yudha Hermawan.

Terakhir, Karobinopsnal Baharkam Polri Brigjen Eddy Sumitro Tambunan diangkat menjadi Wakapolda Kalimantan Timur. Fia menggantikan Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto yang dipromosikan menjadi Kapolda Sulawesi Tengah.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rangkuman Kalimat Pamungkas Capres di Debat Kedua

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ini Daftar Lengkap Rotasi Petinggi Polri
Artikel Selanjutnya
Polri Berencana Kembali Periksa Novel Baswedan