Sukses

KPK Dalami Liburan Anggota DPRD Bekasi ke Thailand Pakai Uang Suap Meikarta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membidik temuan soal agenda liburan sejumlah anggota DPRD Jawa Barat ke Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membidik temuan soal agenda liburan sejumlah anggota DPRD Jawa Barat ke Thailand. Sejauh ini ditemukan, dugaan plesiran itu mereka menggunakan uang suap dari proyek kasus perizinan Meikarta.

"Saksi diklarifikasi pengetahuan dan peran saksi terkait informasi perjalanan ke Thailand," ujar Jubir KPK Febri Diansyah di kantornya, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Temuan penyidik KPK, lanjut Febri, didalami dari pemeriksaan keempat anggota DPRD Bekasi yang terdiri dari Edi Kurtubi, Yudi Darmansyah, Kairan Jumhari Jisan, dan Namat Hidayat.

"Penyidik mendalami posisi dan peran saksi pada pansus Rencana Detail Tata Ruang, dan sejauh mana pengetahuan mereka terhadap indikasi kepentingan pihak lain di balik proses penyusunan aturan tata ruang tersebut di Bekasi," kelas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

14 Anggota DPRD

KPK telah memeriksa 14 anggota DPRD Bekasi, sebagai saksi. Meski demikian, Febri belum gamblang menyebut siapa saja sosok yang ikut kecipratan uang untuk plesiran ke Thailand. Namun dipastikan, ada dari mereka yang ikut dibiayai dalam plesiran tersebut.

"Cukup banyak anggota DPRD Bekasi yang dibiayai bersama keluarga ke salah satu negara di Asia, salah satunya Thailand," singkat Febri memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.