TNI AU Masih Periksa Pesawat Ethiopian Airlines yang Melintas Tanpa Izin

TNI AU Masih Periksa Pesawat Ethiopian Airlines yang Melintas Tanpa Izin

Pasawat cargo milik sebuah maskapai Ethiopia yang dipaksa turun karena melintasi wilayah udara Indonesia tanpa izin, masih berada di landasan Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (16/1/2019), petugas TNI Angkatan Udara masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap enam kru pesawat. Karena dalam pemeriksaan awal, mereka terbukti tidak memiliki izin untuk melintas di wilayah teritori Indonesia.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, ia sendiri yang langsung memerintahkan pesawat tempur TNI AU untuk melakukan intercept atau pencegatan terhadap pesawat tersebut dan dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim. Pesawat tersebut tengah mengangkut mesin dan perlengkapan pesawat terbang.

"Kenapa dia masuk ke Indonesia tanpa izin? Itu yang kita cari tahu, kita tetap menindak kepada yang melanggar aturan," ujar Hadi Tjahjanto.

TNI AU juga masih berkordinasi dengan instansi terkait untuk mengetahui kenapa pesawat tersebut bisa melintasi wilayah udara Indonesia sebelum dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh Mevi Linawati pada 16 January 2019, 08:03 WIB

Video Terkait

Spotlights