Sukses

Jokowi Perintahkan Kepala BNPB Tinjau Longsor Sukabumi

Jokowi menunda pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunda pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru. Jokowi pun meminta Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei meninjau langsung penanganan dampak longsor di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (2/1/2019).

"Pak Willem, tadi pagi saya perintahkan ke Sukabumi. Kita tahu awal tahun ini ada bencana longsor lagi," kata Jokowi usai meninjau tempat pengungsian di Tenis Indoor Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (2/1).

Sebelumnya, Presiden Jokowi diagendakan melantik Letjen Doni Monardo menggantikan Laksamana (Purn) Willem Rampangilei sebagai kepala BNPB di Istana Negara, Rabu (2/1) sekitar pukul 09.00 WIB. Namun pelantikan itu ditunda lantaran Jokowi harus meninjau korban tsunami di Lampung.

"Mohon maaf, pelantikan Kepala BNPB, tidak jadi besok, ditunda. Barusan Mensesneg memberi tahu soal penundaan pelantikan Kepala BNPB yang baru," kata Staf Khusus Presiden Johan Budi SP di Jakarta.

Pergantian ini kepala BNPB ini dibenarkan oleh Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi ketika dihubungi via telepon, Senin (1/1/2019).

"Benar (Doni Monardo)," kata Johan. 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.