Sukses

Jokowi Bujuk Warga Rajabasa Mau Direlokasi Usai Terjangan Tsunami Selat Sunda

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi wilayah Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Wilayah ini adalah salah satu yang diterjang tsunami Selat Sunda, Sabtu 22 Desember 2018. Butuh dua jam perjalanan dari Bandara Raden Inten II menuju Kecamatan Rajabasa.

Pantau merdeka.com, Rabu (2/1/2019) mengenakan kemeja putih dipadu celana jeans Jokowi tiba sekitar pukul 11.00 WIB di Desa Kunjir. Bersama Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Menteri Kesehatan Nila F Moeleok, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jokowi langsung meninjau beberapa lokasi yang terkena dampak tsunami.

Jokowi menyempatkan dialog bersama warga yang terkena dampak tsunami. Sambil duduk di bawah pohon Jokowi mendengar harapan dan menawarkan mereka relokasi tempat tinggal.

"Nanti mau ya direlokasi?" tanya Jokowi kepada korban dampak tsunami di Desa Kunjir, Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019).

Namun sayang, sebagian dari mereka tidak mau direlokasi. Lantaran sudah lama tinggal di sana.

"Di sinilah kami mencari uang. Di sinilah kami membangun. Karena pantai yang indah, 20 tahun Pak saya di sini. Dibantu komunitas Walhi kami membangun pariwisata di sini. Semoga desa kita lebih baik lagi. Kami tetap ingin di sini Pak," pinta Nurlaila salah satu warga yang rumahnya sudah rata dengan tanah berbincang dengan Jokowi.

Jokowi mendengar semua harapan mereka dengan seksama. Setelah itu, dia pun menuju desa Way Muli tidak jauh dari Desa Kunjir. Dia pun mendengarkan aspirasi para korban.

Jokowi juga akan mengunjungi tempat pengungsian para korban bencana di Lapangan Tenis Indoor Kalianda.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Sumba Diguncang Gempa Magnitudo 6,7

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bank Dunia Bantah Kritik Program Pembangunan Jokowi
Artikel Selanjutnya
Aksi Brimob Jadi Koki untuk Korban Tsunami Banten