Sukses

Murah Meriah, Kebun Binatang Ragunan Masih Jadi Primadona Tempat Liburan

Liputan6.com, Jakarta - Kebun Binatang Ragunan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dipadati pengunjung pada libur tahun baru hari ini, Selasa (1/1/2019).

Seperti dilansir Antara, pada pukul 13.30 WIB, pintu barat taman margasatwa tersebut terus didatangi pengunjung yang hendak masuk guna berekreasi.

Antrean kendaraan bermotor juga memadati akses jalan tersebut, baik sepeda motor atau mobil. Pejalan kaki juga menggunakan jalur akses yang sama. Arus kendaraan terpantau padat merayap sepanjang dua kilometer jelang pintu masuk pintu barat Ragunan.

Antrean di fasilitas toilet perempuan Kebun Binatang Ragunan pada hari ini mengular panjang sampai 50-an orang. Antrean toilet perempuan itu diisi berbagai macam golongan usia baik anak-anak hingga dewasa.

Hal yang berbeda terjadi dengan antrean toilet untuk laki-laki yang antreannya hanya terdiri dari lima orang. Antrean panjang di toilet merupakan hal yang wajar seiring padatnya pengunjung Kebun Binatang Ragunan di musim liburan Tahun Baru 2019.

Dari ribuan pengunjung yang datang, pengelola Ragunan menyediakan sekitar 10 toilet yang bisa digunakan secara gratis. Sedangkan tiket masuk atau penggunaan sejumlah fasilitas lain pengunjung diharuskan membayar.

Pembayaran di Kebun Binatang Ragunan hanya melayani dengan kartu uang elektronik JakCard dari Bank DKI. Kartu uang elektronik dari bank lain tidak bisa digunakan di KB Ragunan.

Pengelola menyediakan dua jenis kartu perdana JakCard yang bisa dibeli pengunjung yaitu seharga Rp 35.000 dengan saldo Rp 20.000 dan Rp 65.000 dengan saldo Rp 50.000. Apabila pengunjung sudah memiliki JakCard maka tinggal menggunakannya atau mengisi saldo jika kurang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Jam Buka Ragunan

Ragunan buka pada pukul 07.30-16.00 WIB setiap hari kecuali Senin yang menjadi hari privasi bagi satwa. Dalam akun Twitter resmi @ragunanzoo, untuk masuk ke kebun binatang bisa membeli tiket menggunakan kartu uang elektronik JakCard dari Bank DKI.

Satu kartu JakCard bisa digunakan untuk pembelian lebih dari satu tiket masuk. Kartu digunakan untuk pelayanan masuk pengunjung, wahana dan untuk informasi JakCard.

Tarif masuk ke Kebun Binatang Ragunan cukup terjangkau, yaitu Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 bagi anak. Sedangkan tarif parkir motor Rp 3.000, mobil Rp 6.000, sepeda Rp 1.000, bus sedang Rp 12.500, dan bus besar Rp 15.000.

Sebelumnya, hari privasi untuk satwa di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, diundur menjadi Rabu besok, 2 Januari 2019, yang pada hari biasa dilakukan hari Senin setiap pekannya.

"Diundur Rabu karena ada musim liburan Tahun Baru," kata staf layanan informasi Ragunan Wahyudi Bambang.

Hari libur satwa itu biasanya dilakukan pada Senin atau di kesempatan saat ini bertepatan dengan 31 Desember 2018. Namun, karena jumlah pengunjung biasanya melonjak pada pergantian tahun, termasuk 1 Januari 2019, membuat pengelola melakukan kebijakan khusus.

Loading
Artikel Selanjutnya
Libur Tahun Baru, Stasiun Jakarta Kota Sesak Tak Bergerak
Artikel Selanjutnya
Pengunjung Melonjak, Pengelola Ragunan Undur Hari Privasi Satwa