Sukses

Liburan ke Yogyakarta, Jangan Lupa ke Sini

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda memiliki rencana berkunjung ke Candi Borobudur, jangan lupa mampir ke wisata pedesaan Omah Guyub Wringin Putih. Di sana, terdapat bangunan unik Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang menjadi daya tarik.

Desa tersebut berada berdekatan dengan kompleks Candi Borobudur yang berjarak sekitar 2,3 kilometer. Balkondes Desa Wringin Putih merupakan salah satu di antara 20 Balkondes yang dibangun Pertamina, melalui Sinergi BUMN dengan konsep ‘1 Desa 1 BUMN’ di kawasan wisata Candi Borobudur, Magelang.

Omah Guyub Balkondes Wringin Putih menawarkan daya tarik wisata berupa kearifan lokal masyarakat setempat, mulai dari arsitektur dan desain yang didominasi dari bahan kayu dan bambu. Uniknya lagi, atapnya bukan terbuat dari genteng, melainkan dari daun rumput.

Dengan unsur-unsur tersebut, pengunjung akan merasa bersatu dengan alam. Omah Guyub Balkondes Wringin Putih menyediakan 10 rumah anjungan dengan jumlah 20 kamar aneka jenis, terdiri dari empat rumah tipe single (1 bedroom), dua rumah tipe double (2 bedroom), dan empat rumah tipe family (3 bedroom).

Di wilayah tersebut juga terdapat lahan yang dapat digunakan untuk membatik, latihan menari, Kebun Bambu Klataan, Eriana Batik, serta beragam wisata kuliner tradisional. Anda juga dapat menemukan makanan tradisional, seperti clorot, tiwul, bubur candil, minuman badek.

Selain itu, juga terdapat fasilitas lahan panahan tradisional atau jemparingan dengan jarak sasaran 50 meter. Pengunjung juga dapat menikmati uniknya mobil VW yang dahulu digunakan sebagai mobil dinas camat pada tahun 1972-an.

Bagi pengunjung pecinta selfie, terdapat spot taman bambu bernama Bale Bambu Klatakan yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Bale Bambu Klatakan merupakan sebuah kebun bambu liar pada awalnya yang telah disulap menjadi taman bambu yang indah.

Balkondes Wringin Putih juga biasa digunakan untuk acara pagelaran seni, pameran karya warga setempat, acara sekolah atau reuni, dan resepsi pernikahan. Untuk menuju ke sana dari Yogyakarta, Anda dapat menuju Jalan Magelang.

Setelah sampai di pertigaan jalan ke Borobudur belok kiri dan ikuti petunjuk arah yang sudah tersedia. Setelah sampai di Candi Borobudur, Anda dapat meneruskan perjalanan ke JL. Medang Kamulan/Jl. Sudirman, kemudian belok kiri ambil Jl Sentanu untuk menuju Wringin Putih. Dari Borobudur sampai Balkondes diperkirakan sekitar 10 menit.

Tips dan trik berwisata di Balkondes

1. Berhubung kamar Omah Guyub Balkondes Wringin Putih terbatas, jika ingin bermalam pastikan sudah pesan kamar dari jauh hari, sehingga sampai di lokasi Anda dapat langsung check in.

2. Nikmati panorama yang ada di sekitar Wringin Putih seperti pemandangan perbukitan Menoreh yang indah.

3. Ikuti kegiatan yang sudah disediakan, seperti memanah, kegiatan pertanian, dan kesenian.

4. Di sekitar Wringin Putih, terdapat berbagai destinasi wisata heritage, seperti Candi Borobudur, Candi Pawon, dan Candi Mendut.

5. Oleh-oleh banyak tersedia di sekitar kompleks Candi Borobudur, mulai dari hasil kerajinan tangan lokal seperti patung, replika Candi Borobudur, tas batik, kaos oblong, hingga pernak-pernik.

Rekomendasi tempat makan yang dapat dikunjungi di sekitar wilayah Wringin Putih, yaitu Sekar Kedaton, Amanjiwo, Stupa Restaurant Plataran, Resto Patio Plataran Borobudur, BS Resto, Kupat Tahu Pak Slamet, Resto Waroeng Jamur, Warung Makan Pikatan, Pondok Makan dan Pemancingan Rejosari, Paksi Coffe House.

Apabila Anda ingin melihat dulu seperti apa Balkondes Wringin Putih, silakan saksikan video di link ini.

 

(*)

Mahasiswa Ajak Masyarakat Boikot Pemilu

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Keindahan Candi Borobudur Bikin Mariah Carey Terpana
Artikel Selanjutnya
Indonesia Raya Berkumandang Sebelum Konser Mariah Carey di Candi Borobudur