Sukses

Pengusaha Berkarya Apresiasi Sukses Kabupaten OKI Masuk Zona Hijau Ombudsman

Sejak 2013, Ombudsman menjalankan fungsi pencegahan Maladministrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) baru saja meraih Anugerah Predikat Kepatuhan Tinggi 2018 dari Ombudsman RI. Penganugerahan itu tentu saja sebuah prestasi. Sebab, sebelumnya OKI masuk zona kuning pada 2017. Sedangkan tahun ini berhasil masuk dalam zona hijau dengan nilai yang cukup tinggi yaitu 90,71. Dari rentang 89 sampai 110. 

Ketua Umum Pengurus Besar Pengusaha Berkarya (PBPB) Rahmat mengapresiasi pemerintah Kabupaten OKI yang meraih penghargaan ini.

"Sebaiknya penghargaan itu bisa ditiru oleh kabupaten atau kota lain. Kabupaten OKI juga bisa dijadikan pelayanan publik percontohan bagi Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Ilir, Lahat, Kota Prabumulih, dan lainnya," ujar Rahmat kepada wartawan, Selasa (11/12/2018).

Menurut calon legislatif DPR Dapil Sumatera Selatan 2 ini, Ombudsman tentu telah meneliti kepantasan OKI dari tingkat kepuasan publik dan ketiadaan laporan keluhan dari warga OKI selama ini.

Sementara itu, sebelumnya, anggota Ombudsman Dendi Ramadhona mengatakan, sejak 2013, Ombudsman menjalankan fungsi pencegahan Maladministrasi. Dengan melaksanakan penilaian dan pemeriksaan tingkat kepatuhan di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

"Hal ini agar penyelenggara negara memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," ungkapnya pada Acara Penganugerahan Pelayanan Publik 2018 di Aula TVRI, Jakarta Pusat, Senin 10 Desember 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Layanan Publik

Dia mengatakan, survei kepatuhan terhadap UU Nomor 25 Tahun 2009 ini merupakan acuan utama bagi instansi penyedia layanan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.Hasil penilaian, imbuhnya, diklasifikasikan dengan menggunakan traffic light system (zona merah, zona kuning, dan zona hijau).

Pada tahun ini, sebanyak 97 pemerintah kabupaten/kota di Indonesia yang masuk zona hijau pelayanan publik. Untuk Provinsi Sumsel, dia menjelaskan, hanya kabupaten OKI yang memperoleh predikat kepatuhan tinggi dan masuk zona hijau. 

 

Saksikan Video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.