Sukses

Jokowi: Kualitas Guru Kunci Pembangunan SDM

Jokowi meminta masukan dari PGRI soal solusi guru honorer.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bertemu pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Istana Merdeka, Jakarta. Ia didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Di awal sambutan, Jokowi mengatakan pertemuan ini merupakan realisasi janjinya saat menghadiri Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Ke-73 PGRI Tahun 2018 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu 1 Desember 2018.

Saat itu, Jokowi berjanji mengundang pengurus PGRI ke Istana untuk membahas sejumlah persoalan yang dihadapi guru di Tanah Air.

"Hari ini kita mengundang bapak ibu untuk mendengar lebih detail lagi aspirasi dan kemungkinan hal yang bisa dikerjakan bersama-sama dengan PGRI," ujarnya di Istana Merdeka, Rabu (5/12/2018).

Jokowi menjelaskan, tahun depan pemerintah berkomitmen membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Setelah empat tahun belakangan ini pemerintah fokus menggenjot infrastruktur.

Sejalan dengan itu, Jokowi ingin kualitas guru turut ditingkatkan guna memperbaiki SDM di Indonesia.

"Kualitas guru menjadi kunci, peran utama dalam pembangunan SDM," ucap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Masukan Soal Guru Honorer

Dalam pertemuan ini, Jokowi juga meminta masukan dari PGRI terkait sistem pendidikan. Jokowi berharap masukan dari PGRI bisa membawa Indonesia ke arah lebih baik dan maju.

"Kami ingin diberi pemikiran dan rekomendasi-rekomendasi apa yang bisa kita kerjakan dalam jumlah besar dan lompatan peningkatan yang besar dalam meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah," kata dia.

"Kemudian soal guru honorer. Saya ingin masukkan soal ini," sambungnya.

Reporter: Titin Supriatin 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • pgri