Sukses

Top 3 News: 31 Pekerja Jalan Trans Papua Dibunuh karena Foto HUT OPM

Jakarta - Top 3 news, pembunuhan 31 pekerja PT Istaka Karya yang tengah membangun jalan dan jembatan Trans Papua dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). 

Mereka tewas di waktu yang berbeda, yakni pada 1 dan 2 Desember 2018. Sebanyak 24 pekerja dibunuh di hari pertama, sementara tujuh lainnya padai hari berikutnya. 

Para pekerja proyek Istaka Karya itu tengah membangun jembatan di Kali Yigi dan Aurak,  Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Polisi menduga pembunuhan dilakukan karena salah satu pekerja mengambil foto kegiatan HUT OPM di Distri Yigi. Hingga Senin malam, 3 Desember 2018, jenazah para korban belum dievakuasi. 

Sebelum pembunuhan di hari kedua terjadi, delapan pekerja proyek jalan Trans Papua sempat melarikan diri ke rumah anggota DPRD setempat.

Namun, pelarian mereka berhasil diketahui kelompok separatis. Para pekerja dijemput lalu dibunuh. Satu orang diduga berhasil melarikan diri dalam peristiwa tersebut. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 4 Desember 2018.

 

2 dari 4 halaman

31 Pekerja di Papua Dibunuh KKB

Puluhan pekerja jalan dan jembatan Trans Papua di Kabupaten Nduga, Papua dibunuh oleh kelompok tak dikenal. Pembunuhan itu terjadi pada Minggu 2 Desember 2018 di Kali igi dan Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Total ada 31 pekerja yang dibunuh oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

"Didapati, 31 orang ditemukan tewas. 24 orang dibunuh hari pertama, 8 orang yang sempat menyelamatkan diri di rumah anggota DPRD dijemput dan dibunuh, 7 orang meninggal dunia dan 1 orang belum ditemukan atau melarikan diri," kata Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua AKBP Suryadi Diaz  

Para pekerja proyek Istaka Karya itu tengah membangun jembatan di Kali Yigi dan Aurak.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

1 Pekerja Kabur

Sebanyak 31 pekerja proyek Trans Papua dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Pembantaian itu terjadi ketika para pekerja sedang membangun jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Kejadian ini dilaporkan masyarakat hari ini sekitar pukul 15.30 WIT. Namun, pembunuhan terhadap para pekerja proyek Istaka Karya tersebut terjadi pada Minggu, 2 Desember 2018.

Bermula pada Sabtu 1 Desember 2018 sekitar pukul 20.30 WIT, Project Manager PT Istika Karya Cahyo mendapat telepon dari nomor yang biasa dipegang oleh Koordinator Lapangan, Jhoni.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

7 Fakta Pembunuhan Pekerja di Papua

Puluhan pekerja jalan dan jembatan Trans Papua di Kabupaten Nduga, Papua, dibunuh oleh kelompok tak dikenal. Pembunuhan itu terjadi pada Minggu, 2 Desember 2018 di Kali igi dan Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Sebanyak 24 orang dibunuh pada 1 Desember 2018, sedangkan tujuh lainnya dibunuh pada hari berikutnya. Para pekerja proyek Istaka Karya itu tengah membangun jembatan di Kali Yigi dan Aurak.

Penembakan dan pembunuhan itu berawal Sabtu, 1 Desember 2018, saat KKB sedang mengadakan upacara HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Distrik Yigi.

Lalu salah satu korban pembunuhan melihat dan mengambil foto kegiatan itu, sehingga KKB marah dan menembaki para korban.

 

Selengkapnya...

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Baku Tembak di Wamena Papua, 1 KKB Tewas
Artikel Selanjutnya
Penembakan oleh Wanita Serang Kerumunan di Los Angeles, 4 Orang Terluka