Sukses

13 Polda Jadi Prioritas Polri di Operasi Lilin 2018

21 Polda masuk prioritas kedua di Operasi Lilin 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Polri tengah menyiagakan 94.946 personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan nama sandi Operasi Lilin 2018. Penempatan personel akan diprioritaskan di 13 Kepolisian Daerah (Polda) di Indonesia.

"Jumlah personel antisipasi gangguan kantimbmas ada 94.946. Terdiri dari 69.080 personel di 13 Polda prioritas satu dan 25.866 personel di 21 Polda prioritas dua," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018).

Polda prioritas satu meliputi Sumatera Utara, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua.

Dedi mengungkapkan, alasan 13 Polda tersebut menjadi prioritas pengamanan Operasi Lilin 2018 lantaran memiliki jumlah umat kristiani yang cukup banyak. Jumlah gereja di wilayah hukum 13 Polda tersebut juga cukup banyak sehingga membutuhkan kekuatan personel keamanan yang tak sedikit.

"Kemudian dilihat dari analisa data Polda ini juga arus lintas mudik, tentunya saat perayaan Natal dan Tahun Baru ada libur bersama. Nah itu kita antisipasi jalur mudik Jakarta sampai ke arah Jatim. Demikian juga Jakarta ke arah Sumatera," tuturnya.

Sedangkan Bali menjadi prioritas lantaran banyaknya wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang akan merayakan pergantian tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terorisme

Jenderal bintang satu itu menyebut, terorisme masih menjadi salah satu prioritas yang perlu diantisipasi pada Operasi Lilin 2018. Polri juga telah memetakan titik-titik rawan gangguan Kamtibmas selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Untuk prioritas antisipasi terorisme di Jawa, kemudian ada beberapa wilayah di Sumatera. Wilayah lain tetap dalam pantauan Satgas Anti-teror dan Satgaswil Densus 88," ucap Dedi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.