Sukses

Tanah Bergerak di Palembang, Rumah Warga Ambles hingga Setengah Meter

Sejumlah rumah di Palembang rusak akibat pergerakan tanah. Bahkan fenomena tersebut membuat rumah warga ambles sekitar setengah meter.

Fokus, Palembang - Sejumlah rumah di Palembang, Sumatera Selatan, rusak akibat pergerakan tanah. Bahkan fenomena tersebut membuat sejumlah rumah warga ambles sekitar setengah meter.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (26/11/2018), di saat pasang datang, ketinggian air yang menggenangi rumah warga bertambah hingga mencapai 1 meter.

Menurut warga, terendamnya rumah terjadi akibat tanah di pinggir sungai tersebut ambles. Dari enam kepala keluarga yang rumahnya terdampak, dua kepala keluarga telah mengungsi ke rumah sanak keluarga.

Pergerakan tanah terjadi sejak tiga tahun lalu, yakni sejak adanya penyedotan pasir di tengah sungai. Saat ini penyedotan pasir telah dihentikan, namun kendaraan bertonase besar kerap melintas hingga tanah di sekitar jalan bergerak dan ambles.

Warga berharap adanya bantuan dari Pemerintah Kota Palembang. Jika dibiarkan, warga khawatir kerusakan rumah semakin parah. (Galuh Garmabrata)