Sukses

Resmikan Masjid Kampus, Jokowi Berterima Kasih atas Kiprah Muhammadiyah

Jokowi juga meletakkan batu pertama pembangunan tower Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meresmikan pembangunan Masjid Kampus Ki Bagus Hadikusumo dan perubahan status 6 Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Peresmian dilakukan di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Lamongan, Kabupaten Lamongan, Senin (19/11/2018).

Selain itu, Jokowi juga meletakkan batu pertama pembangunan tower Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Mengawali sambutan, Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-106 kepada Muhammadiyah. Di umur yang lebih dari 10 dekade ini, Jokowi menyebut Muhammadiyah telah mengembangkan amalan-amalan Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan masyarakat.

"Dan selama 106 tahun ini, Muhammadiyahmengabdi kepada masyarakat, negara, dan ibu pertiwi. Terima kasih pengabdian Muhammadiyah yang tak henti," kata Jokowi di lokasi.

Ia menyinggung kiprah tokoh-tokoh Muhammadiyah berkaliber nasional seperti Agus Salim, Buya Hamka, Ki Bagus Hadikusumo, Mas Mansyur, Kasman Singodimejo, dll.

Jokowi melanjutkan, selama 106 tahun tugas pemerintah diringankan keluarga besar Muhammadiyah, baik di bidang kesehatan maupun pendidikan. Muhammadiyah telah membangun lebih dari 100 rumah sakit dan ratusan klinik di sejumlah daerah.

Muhammadiyah juga telah mendirikan lebih dari 6.000 sekolah, lebih dari 70 pesantren, dan lebih dari 170 perguruan tinggi di pelbagai daerah.

"Perguruan Tinggi Muhammadiyah selalu jadi unggulan," ungkap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Kampus yang Berubah Status

Untuk diketahui, 6 Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang diubah statusnya adalah Stikes Muhammadiyah Lamongan, Stikes Muhammadiyah Kudus, Stikes Muhammadiyah Kudus Wonosobo, Stie Ahmad Dahlan Jakarta, Akademi Kebidanan Aisyiyah Banten, dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sorong.

Dalam acara ini, Jokowi didampingiMenteri Sekretaris Negara Pratikno, Menristekdikti M Nasir, Mendikbud Muhadjir Effendy, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Reporter: Titin Supriatin 

Saksikan video pilihan di bawah ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.